TENTANG KAMI

oleh


WWW.LENTERA.CO.ID

LENTERA.CO.ID, yang kini dikenal dengan nama LENTERA ONLINE adalah sala satu media siber yang bisa dibilang cukup tua dikalangan sejumlah media online yang tumbuh belakangan ini, khususnya di wilayah Maluku Utara.

Sebelumnya media ini lahir pada 2011 dalam jenis Tabloid dan Majalah, namun redup di akhir 2013. Berselang 2 tahun kemudian, media ini memasuki dunia internetan yang disebut LENTERA ONLINE dengan WWW.LENTERA.CO.ID.

Kebanyakan kasus dan pengalaman, media siber yang berasas “cepat” terkadang mengabaikan akurasi bahkan kedalaman satu peristiwa. LENTERA ONLINE (WWW.LENTERA.CO.ID) selama ini juga menyajikan berita atau informasi yang amat singkat, seperti pedoman penulisan berita online maksimal 5 paragraf. Tentunya, banyak kisah panjang dan luas tak dapat dipilih dalam dunia cepat tayang (media siber). Itu sebabnya, memasuki 2018, LENTERA ONLINE akan menyediakan halaman khusus Indepth Reporting dan dapat diakses ke WWW.LENTERA.CO.ID. Selain Indepht, Lentera.co.id juga menyajikan berita peristiwa, inspirasi, Kolom Opini berskala Nasional maupun Internasional.

Selain menyediakan halaman Indepht Reporting, pembaca juga dapat mengakses berita strike news yang diterbitkan oleh LENTERA MALUT (www.malut.lentera.co.id) dan LENTERA KALTIM (www.kaltim.lentera.co.id) sebagai Cabang dari media ini. Olehnya, dapat anda kunjungi berita HardNews dan SoftNews secara langsung ke dua stus berita online itu (Lentera Malut dan Lentera Kaltim) atau bisa melalui Lentera.co.id, Anda sudah dapat membaca berita daerah dari duna Wilayah ini.

  • In-depth reporting, mengabarkan kepada anda mengenai keseluruhan apa yang terjadi dari kisah yang terjadi.
  • HardNews adalah Berita Berat dan Langsung karena cara meliputnya susah, harus mendetail, dan terjadi pada moment tertentu. Namun berita ini sangat disukai oleh banyak orang. contoh berita dari HardNews : Ekonomi, Berita Politik, dan Masalah Sosial.
  • SoftNews adalah Berita Ringan dan Langsung karena cara peliputanya mudah, tidak ada resiko, dan setiap moment ada. contoh berita dari SoftNews : Olahraga, Kesenian, Hiburan, dan Hoby.

LENTERA ONLINE dalam upaya menggapai Visi Media, selalu saja menjaga diri agar tampil independen, menjunjung tinggi Kode Etik Jurnalisme, mengikuti Pedoman Media Siber sebagai syarat profesionalisme jurnalis.

LENTERA ONLINE dalam menerjemahkan dan melaksanakan Vis-Misi, Prinsip, Etika serta Pedoman Media Siber, meniscayakan berita yang mencerahkan, mendidik, menghibur, dengan menggunakan sumber-sumber berkompeten dan terpercaya serta syarat data dan fakta yang valid. Selain itu, juga senantiasa berhati-hati dalam penerbitan berita sehingga para awak media ini selalu saja diharuskan memegang prinsip cek and recek atas setiap informasi, data dan fakta agar menjaga kejernihan dan terhindar dari Hoaks. Begitu juga menjaga asa perimbangan, hak jawab, serta menerima beragam saran, pendapat dan kritikan dari publik yang menjadi kiblat utama media ini, demi kemajuan bersama.

Olehnya, untuk menjaga LENTERA ONLINE selalu tampil terpercaya dan menjadi media milik publik, para reporter media ini diharuskan rajin membaca beragam pedoman-pedoman jurnalisme seperti pepatah, “penulis yang baik adalah pembaca yang baik” serta menjaga integritas diri ditengah pergaulan sosial.

Sebagai penutup, LENTERA ONLINE berdiri diatas semua golongan. Dan tidak bekerja untuk kepentingan politik mana pun.

LENTERA ONLINE kini sudah menyiapkan diri mendaftar ke Dewan Pers Indonesia di Jakarta.

Pendanaan Perusahaan dan LENTERA ONLINE dilakukan secara mandiri oleh Ilham Maoeradji selaku Direktur (Pendiri) atau Chief Executive Officer (CEO), Penanggung Jawab Perusahaan PT. SINAR LENTERA GRUP (S L G) terhadap media LENTERA ONLINE dan Majalah LENTERA.

Wassalam…

Tim Redaksi