KPU Kota Ternate Gelar Pleno DPSHP Menjadi DPT

0
12
Pleno KPU Kota Ternate

TERNATE, LENTERA.CO.ID — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Ternate melakukan pleno Daftar Pemilihan Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT) dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur Maluku Utara (Malut) pada Kamis, 19 April 2019 di Kantor KPU Malut

Pleno DPSHP menjadi DPT tersebut dihadiri Ketua Panitia Pengawas (Panwas) dan jajarannya serta Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Kota Ternate. Dari pleno itu, Kota Ternate dari 7 kecamatan, diantaranya:
1. Ternate Selatan dengan jumlah pemilih 36.138
2. Ternate Tengah dengan jumlah pilih 32.395
3. Ternate Utara dengan jumlah pilih 28.41
4. Pulau Batangdua dengan jumlah pilih 1.724
5. Pulau Hiri dengan jumlah pilih 1.977
6. Pulau Moti dengan jumlah pilih 3.091 dan
7. Pulau Ternate dengan jumlah pilih 10.385.

Olehnya, penetapan DPT dari total 7 kecamatan di Kota Ternate menjadi 114.121 jumlah pilih.

Ketua KPU Kota Ternate, Ismad Sahupala saat diwawancarai usai pleno penetapan tersebut mengatakan bahwa jumlah DPT saat ini mengalami penurunan secara ekstrim dibanding DPT pada pemilihan kepala daerah 2015 lalu.

“Pilkada serentak 2015 itu, data kami berada pada posisi sekitar 156 ribu lebih, sementara sekarang berada pada posisi 114 ribuan lebih,” katanya.

Olehnya, sesuai tahapan dari pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih hingga hasil penetapan DPSH menjadi DPT untuk Pemilukada Gubernur dan Wagub Malut sebagaimana yang telah ditetapkan, ada dua kecamatan yang menjadi catatan penting untuk dilakukan evaluasi oleh KPU Ternate.

“Rekomendasi dari Panwas Kota Ternate untuk kecamatan Ternate Utara dan kecamatan Ternate Selatan. Dalam waktu dekat, kami evaluasi untuk melihat kekurangannya,” tuturnya.

Karena itu, lanjut dia, bahwa dalam proses pengambilan keputusan, sumber daya harus siap, terutama harus tertib administrasi sehingga jika terdapat data-data yang bermasalah, secepatnya diantisipasi.

“Catatan seperti itulah yang akan dilakukan evaluasi oleh KPU Kota Ternate ditingkat kecamatan Ternate Utara dan Ternate Selatan,” terangnya.

Red: Mail

Loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini