oleh

Langit Kota Banda Aceh dan Sekitarnya Diselimuti Kabut Asap

LENTERA NEWS — Banda Aceh, Kabut asap kiriman kian menyelimuti Kota Banda Aceh dan sekitarnya. Kabut asap ini diduga kiriman dari beberapa wilayah kebakaran hutan di Indonesia.

“Hari ini langit kota banda aceh dan sekitarnya di selimuti kabut asap, ini diakibatkan oleh Kebakaran hutan yang terjadi di beberapa daerah di Sumatera dan Kalimantan,” ujar Dra. Mutia Anzib, warga kota Banda Aceh pada Lentera.co.id, Senin, 23 September 2019.

Pantauan media ini, Kabut asap tampaknya hari ini semakin meluas, langit kota Banda Aceh dan sekitarnya di selimuti kabut asap. Dibeberapa lokasi dalam wilayah Kota Banda Aceh dan Aceh Besar seperti Lhoknga, Leupung dan sekitarnya, diselimuti kabut asap yang membuat pengendara dijalan raya terhalangi jarak pandang.

Kabut Asat di dalam Kota Banda Aceh

Dibeberapa lokasi lampu merah dalam wilayah Kota Banda Aceh terlihat di Bundaran Simpang Lima Peunayong, petugas yang berseragam BPBA dan BPBD membagi-bagikan masker kepada pengendara di jalanan.

Dari hasil pantauan ini, para warga disarankan akan sebaiknya dilakukan pengecekan kualitas udara secara berkala melalui aplikasi dan laman resmi kementrian lingkungan hidup dan kehutanan, dengan begitu langkah perlindungan seperti menyediakan masker dapat dilakukan.

Selain itu, kepekatan kabut asap yang semakin tebal dan cepat menyebar ini, disarankan untuk menggunakan masker dan kurangi aktifitas di luar ruangan saat kualitas udara tak lagi menyehatkan. “Masker bisa digunakan sebagai alat pelindung diri”.

Reporter : Teuku Saifullah

Komentar