Tingkatkan Kapasitas Desa, DPMPD Malut Gelar Sosialisasi P2KTD dan Rakor PID

0
23
Sosialisasi Peningkatan Kapasitas Desa

TERNATE LENTERA.CO.ID – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD) melakukan sosialisasi Penyedia Kapasitas Tingkat Desa ( P2KTD) dan rapat koordinasi Program Inovasi Desa ( RAKOR PID) Provinsi Maluku Utara (Malut) di Hotel Grand Dafam, Bela Ternate pada Senin 13 Agustus 2018.

Turut hadir dalam sosialisasi ini yakni, Instansi Kabupaten/Kota yang terlibat dalam TIK, 10 kabupate/kota Provinsi Malut. Ada juga dari OPD, termasuk DPMD, BAPEDA, PU, Koperasi, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, dan instansi lain yang berkaitan dengan TIK.

Usai sosialisasi tersebut, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) P2KTD dan PID Provinsi Malut, Anuar Lifran saat di temui wartawan media ini mengatakan bahwa, kegiatan tujuannya bagimana kita mengoptimalkan pengguna dana desa yang sementara ini sedang berlangsung.

“Program PID adalah bagaimana meningkatkan kapasitas orang yang ada di Desa sehingga hal yang berkaitan dengan pengelolaan dana desa itu lebih efektif, tepat sasaran dan berkesinambungan,” jelas Anuar.

Lanjutanya, dalam Program PID ini juga ada layanan P2KTD yang berfungsi mengawal tugas-tugas yang ditetapkan Bupati maupun Walikota, dalam hal memberikan akses kepada masyarakat dan pemerintah desa dalam peningkatan kpasitas desa.

Menurutnya, progres ini tergantung ditindaklanjut Kabupaten/Kota agar PID ini jalan sesuai tahapan-tahapan yang di siapkan oleh pihaknya. Tahapan yang disiapkan administrasi karena program tahapan ini dibiayai oleh Dana Operasional Kegiatan (DOK).

“Saya berharap, malam ini ada hasil rencana kerja tindak lanjut, karna ini komitmen dan acuan dalam tahapan tindak lanjutan,” tutup Anuar.

Red: Hana

Loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini