Pintu Masuk Benteng De Verwachting ini Selalu Ditutup, Warga Kesal

0
40
Benteng De Verwachting

SULA, LENTERA.CO.ID – Pintu gerbang Benteng De Verwachting di pulau Sulabesi, Desa Fagudu, Kecamatan Sanana, Kabupaten Kepulauan Sula selalu ditutup rapat. Informasi yang dihimpun lentera.co.id, benteng yang dibangun sejak 1623 Masehi dengan luas 227 M2 tersebut adalah satu-satunya benteng yang ada di Kabupaten Kepulauan Sula.

Bagunan bersejarah pada masa penjajahan Belanda ini, berada di depan Istana Daerah Kabupaten Kepulauan dan Pelabuhan Laut Kota Sanana. Meski berada di pusat keramaian, pantauan reporter lentera.co.id, pada Rabu 05 September 2018 pukul 09.00, terlihat pintu gerbang benteng ini dirantai besi.

Pasalnya, destinasi wisata sejarah yang dijaga oleh petugas perawat aset bersejarah tersebut, tidak terlihat disekitar lokasi sehingga akses masuk pengunjung menjadi terhalang dan batal.

Edi (39), sala satu warga yang hendak berkunjung bersama keluarganya mengaku melihat Gerbang De Verwachting masih dililit rantai besi. Menurut Edi, seharusnya pintu gerbang benteng yang menyimpan sejarah kepulauan Sula tersebut, tak boleh ditutup sehingga para pengunjung bisa melihat peninggalan-peninggalan terdahulu didalamnya.

“Saya kaget dengan gerbang benteng yang di kunci dan bahkan penjaga benteng pun entah kemana,” kata Edi.

Red: Jimmy

Loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini