Dugaan Kampanye Lewat FB, Bacaleg M. Jen Dipanggil Bawaslu Haltim

0
23
Bawaslu Haltim saat gelar sidang klarifikasi

HALTIM, LENTERA.CO.ID – Badan Pengawas Pemilihan Umum (BAWASLU) Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) Provinsi Maluku Utara (Malut) memanggil Mohammad Jen Sether pada Rabu 19 Agustus 2018 untuk dimintai keterangan terkait postingannya di akun Media Sosial (Facebook).

Ketua Bawaslu Halmahera Timur, Suratman Kadir mengatakan, pemanggilan Bawaslu terhadap salah satu Bakal Calon Anggota Legislatif Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Halmahera Timur ini, berdasarkan Temuan 08/ TM/PG/Kab/32.06/VIII/2018, dan dugaan pelanggaran PKPU Nomor 5 tahun 2018 tentang perubahan atas PKPU No 7 Tahun 2017 tentang tahapan dan jadwal program penyelenggaraan pemilihan umum 2019.

“Hari ini kita sudah panggil dan kita mintai klarifikasi atas postingannya di FB yang berkaitan dengan larangan kampanye,” kata Suratman

Menurutnya, pemanggilan yang bersangkutan dilaksanakan sebagai bentuk dari pencegahan dan penindakan bawaslu sebagaimana yang diamanatkan dalam UU No 7 Tahun 2017 tentang pemilu dan Perbawaslu No.21 Tahun 2018 tentang pengawasan penyelenggaraan Pemiliham Umun.

“Kami laksanakan kewenangan kami yang diberikan UU No 7 Tahun 2017 tentang pemilu dan Perbawaslu No.21 Tahun 2018 tentang pengawasan penyelenggaraan Pemiliham Umun,” ujarnya.

Untuk itu, lanjut Suratman mengharapkan kepada seluruh Parpol dan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) agar mematuhi semua ketentuan tentang pelaksanaan pemilu 2019 , sebab jika ada pelanggaran dan terbukti, maka Bawaslu akan menindak sesuai dengan Peraturan perundang undangan yang berlaku.

Informasi yang dihimpun reporter Lentera.co.id, sidang klarifikasi yang digelar di ruang Devisi Hukum Bawaslu Haltim, Basri Suaib ini, hasilnya akan dikaji oleh Bawaslu Haltim.

Red: Il

Loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini