Halteng Poros Baru Maluku Utara

0
36
halteng-poros-baru-maluku-utara

LENTERA MALUT — Letak geografis dan sumberdaya di Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng) menjadi peluang mendorong pembangunan dan kemajuan daerah. Meski begitu, hal itu dibutuhkan niat baik dan kecerdasan pemerintah daerah dalam merumuskan arah dan strategi pembangunan yang berbasis pada potensi wilayah untuk kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat.

Tak ingin menyia-nyiakan peluang itu, Bupati Edi Langkara bersama Wakil Bupati Abdurahim Ode Yani (Elang-Rahim) yang kini tengah serius membangun daerah, menawarkan sejumlah konsep pembangunan kepada pemerintah pusat. Bahwa, ketika Halteng ditetapkan sebagai kawasan Industri baru, maka acara geografis Halteng menjadi poros baru. “Episentrumnya Maluku Utara,” katanya.

Pemerintahan Elang-Rahim telah memaparkan potensi wilayah kepada pemerintah pusat tentang Halteng sebagai daerah poros baru dengan letak wilayah yang sangat stregis di Maluku Utara. Tentu ada indikatornya, yakni:
1. Letak geografis yang berada ditengah pulau Halmahera
2. Pintu masuk Pasifik dan Papua
3. Pusat penerapan industri tambang terbesar di Asia tenggara, degan sejumlah industri ikutan yang strategis nilainya.

“Kami sudah menyampaikan konsep ini ke pemerintah pusat melalui kementerian Bappenas dan ke Menko Maritim. “Saya berharap pemerintah pusat realistis merespon agenda tersebut,” tutur Bupati Halteng.

Berkait itu, kata Bupati Elang, pihaknya juga mengajukan sejumlah gagasan yang bersifat spcial treatment (pengobatan khusus) yang dianggap mendesak untuk percipatakan infra struktur wilayah. Antara lain: Bandara Weda, Pelabuhan Export, Jalan Jembatan, Rumah Sakit yang ideal kompeten, Pendidikan yang unggul berupa Politeknik yang saat ini sudah disetujui oleh kementrian Industri dan Mendikti. “Semua ini kami lakukan untuk kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat,” tegas Bupati.

Rep:Ino/Red:Irwan Basri

The post Halteng Poros Baru Maluku Utara appeared first on LENTERA Malut.

Loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini