Pemda Bersama DPRD Gelar Rapat Pembentukan Perusda

0
722 views
Anggota DPRD Halteng, Nuryadin Ahmad

HALTENG, LENTERA.CO.ID — Pemerintah Daerah Kabupaten Halmahera Tengah bersama Dewan Perwakilan rakyat daerah (DPRD) melaksanakan Rapat Ranperda pembentukan Perusahan Umum Daerah (Perusda), Senin 27 Agustus 2018 diruang rapat DPRD Halteng.

“Rapat yang dilaksanakan ini itu hak inisiatif Pemda DPRD dalam rangka menjemput kegiatan investasi yang akan dicanangkan pada tanggal 30 Agustus mendatang”, ungkap Ketua Bapimperda, Nuryadin Ahmad usai rapat.

Menurutnya, Ranperda Perusda ini sudah ada di tahun 2013 lalu namun setelah audit BPK ditahun 2017 ada temuan kurang lebih 1 milyar terkait dengan penyertaan modal.

Meski begitu, kata dia, pihaknya belum lihat betul audit BPK tersebut. Atas informasi soal temuan itu, BPK rekomendasi agar Perusda dibubarkan. “Olehnya itu, untuk menjemput industri yang dicanangkan pada tanggal 30 Agustus di Lelilef, Kecamatan Weda Tengah itu jadi mau tidak mau pemerintah daerah harus membentuk Perusda yang baru,” katanya.

Anggota komisi III DPRD Halteng itu juga menambahkan, pembentukan (Perusda) tersebut agar terlibat dalam pekerjaan, minimal jadi sukon dalam pekerjaan tambang maupun industri yang akan dicanangkan itu. “Kalau tidak, daerah akan rugi dari sisi pendapatan kalau hanya berharap royalti. Sampai kiamat pun PAD tidak akan naik”, tutupnya.

Red : Iswan

Loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini