oleh

Layanan e-KTP, Dukcapil Halteng Dinilai Diskriminatif

TERNATE.LENTERA.CO.ID – -Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Halmahera Tengah (Halteng) dikeluhkan masyarakat berkait pengurusa Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) pada 14 Febaruari 2018.

Demikian itu disampaikan seorang warga, Abdul Farji Hasan bahwa pelayanan Dukcapil Halteng tidak efektif dan diskrimitatif terhadap masyarakat dalam perekanan e-KTP.

“Kalau yang masuk urus e-KTP itu adalah masyarakat yang keluarganya bekerja di Dukcapil, maka itu lebih cepat dilayani,” kata Abdul Farji Hasan pada Lentera via WhatsApp. “Pelayanan Dukcapil Halteng sangat tidak efektif. Karena adanya ketidakadilan.”

Pria warga Halteng, sapaan karib Aji yang mengemban studi di Jakarta ini, mengaku mengalami hal tersebut ketika ingin memperpanjang e-KTPP nya. Olehnya ia menilai, masyarakat yang tidak memiliki kenalan di dalam Dukcapil itu, bakal tidak mendapat pelayanan prima. Padahal, dalam pelayanan publik, Dukcapil Halteng harus berlaku adil kepada semua orang tanpa pandang buluh.

“Dukcapil harus membudayakan pelayanan yang adil kepada masyarakat sehingga tak ada diskriminasi ditengah-tengah tatanan pemerintah daerah (Pemda) Halteng baru saja berjalan ini,” tuturnya.

Red: Mail

Komentar