oleh

DPRD Halteng Respon Aksi Mahasiswa Tolak Proyek Reklamasi di Patani

HALTENG, LENTERA.CO.ID – Anggota DPRD Kabupaten Halmahera Tengah, Saiful Hi.Usman merespon aksi mahasiswa menolak proyek reklamasi di Desa Tepeleo, Kecamatan Patani Utara dan Desa Kipae, Kecamatan Patani Selatan, Halteng, Maluku Utara.

Ketua fraksi merah putih ini menyampaikan kepada Pemkab Halteng agar mempertimbangkam reklamasi di wilaya Patani Utara dan Patani Selatan. Menurutnya, reklamasi yang berkedudukan di Desa Tepeleo bakal menghilangkan aspek histori-geografis.

Anggota DPRD dua periode itu menerangkan, oleh pemda bahwa wilaya tersebut sangat layak untuk membangun reklamasi demi pertumbuhan ekonomi makro dan mikro, yakni wilaya ini akan dijadikan sebagai pusat perdagangan. Padahal, kata dia, reklamasi tersebut akan berpengaruh pada sisi geografis wilaya dan keindahan pesisir pantai.

Anggota DPRD Halteng, Saiful Hi. Usman

Terkait penolakkan Mahasiswa, kata Saiful, berdasarkan kajian historis budaya, sosial dan ekonomi untuk pengusaha lokal. “Jadi harus dipertimbangkan oleh Pemda Halteng,” katanya pada reporter Lentera.co.id di kediamannya, Kota Weda pada Rabu, 25 Juli 2018 malam.

BACA Mahasiswa Menolak Reklamasi di Halteng

Menurutnya, agar pembangunan bersinerji dengan masyarakat di wilayah Patani maka Pemkab harus dipertimbangkan pembangunan tersebut jauh sebelum disosialisasikan pada masyarakat yang ada di Patani Utara, baik secara budaya, sosial dan ekonomi;.

Ia juga menyatakan, soal studi kelayakan tergantung pihak Pemdah. Namun pada prinsipnya, lanjut Saiful, pihaknya (DPRD) akan meminta hasil uji kelayakan (Feasibility Study), Amda (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan) dan ANDAL (Analisis Dampak Lingkungan). “Karna itu persayaratan hukum persetujuan untuk program Multi years di Patani Utara, didalamnya termasuk itu,” katanya

“Jika dalam kajian Amdal menguntungkan, apa salahnya diterima. Namun, jika tidak menguntungkan, maka program tersebut dianggap melanggar ketentuan Hukum,” tutup Saiful.

Red: Is

Penulis: Reporter HALTENG,- IKEM

Gambar Gravatar
Reporter Biro Halteng, sekaligus Redaktur dan Pembimbing Media Omdesa.id

Komentar