oleh

Dadan Kembali Menakodai STPK Banau

HALBAR, LENTERA.CO.ID  – Dr. Ir. Dadan Hindayana kembali menakodai Sekolah Tinggi Pertanian Kewirausahaan (STPK) Banau, Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) Periode 2018-2022. Setelah melalui acara pelantikan yang dilangsungkan di Aula STPK Banau Desa Acango Kecamatan Jailolo, pada Rabu 30 Mei 2018 sore tadi.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, yakni Bupati Halbar yang diwakili Asisten II Pemda Halbar Markus Saleky, Sekda Kab Halbar Drs. Syahril ABD Radjak.Msi (Sekretaris Yayasn STPK Banau) Ketua Yayasan STPK Banau Nurbeti Hasnah, Wakil I Bidang Akedemik dan Kemahasiswaan STPK Banau Jemmy Ch. Rangkinaung, Ketua FKPPI Ramli Nasir, Para pimpinan SKPD lingkup pemda Halbar dan Para Dosen dan Mahasiswa STPK Banau.

Markus Saleky dalam sambutannya, mengatakan sebagai perguruan tinggi milik pemerintah daerah, yang memiliki orientasi kurikulum pendidikan kewirausahaan pertanian, yang berbasis pada community collaga. Dan kehadiran perguruan tinggi ini memiliki berbagai tujuan. Diantaranya, menyiapkan sumberdaya manusia di bidang pertanian yang profesional, terampil, menguasai teknologi, serta memiliki jiwa wirausaha yang tinggi. Dan kemudian dalam perspektif pembangunan jangka menengah dan panjang.

“STPK Banau juga memiliki peran yang sangat strategis, dalam rangka mengembangkan pembangunan ekonomi di daerah ini, khususnya pengembangan sektor pertanian di kabupaten Halbar dan Malut pada umumnya,” ujarnya.

Karena Halbar memiliki potensi sumber daya pertanian yang sangat tinggi, namun potensi tersebut belum dapat dikelola secara optimal untuk menjadi keunggulan komparatif dan keunggulan kompetitif.

“Olehnya, untuk menjadikan sektor pertanian menjadi sektor yang memiliki keunggulan komparatif dan kompetitif,” sebutnya. Lanjut Markus, “Pastinya membutuhkan banyak faktor, akan tetapi saya yakin dan percaya faktor SDM tidak adalah penting perannya untuk kemajuan sektor pertanian”.

“Jadi pada kesempatan ini, Saya (Bupati) memberikan apresiasi STPK Banau, Karena mahasiswa yang ada merupakan penduduk Halbar dan hal ini sangat membantu pemerintah daerah dalam membangun di bidang pendidikan untuk selalu meningkat,” ujarnya.

Dia juga berharap, dengan kehadiran sekolah Tinggi ini, dapat menyediakan SDM yang unggul untuk memajukan dan mengembangkan sektor pertanian di Halbar,” kata Markus.

Sementara itu, Ketua Yayasan STPK Banau dalam kesempatan tersebut, mengatakan pelantikan yang berlangsung hari ini merupakan sejarah dan sangat istimewa.

“Jadi sebagai Ketua yayasan, berpesan kepada Ketua STPK Banau, agar dengan jabatan yang diemban dapat melaksankan pelayanannya kepada masyarakat agar lebih baik lagi serta dalam pengeloloaan dana dan pelayaan program – program pendidikan dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar,” tutup Nurbeti.

Red: Chull

Penulis: Reporter Halbar - CHASRUL Tampilang

Gambar Gravatar
CHASRULL, Reporter Biro HALBAR sekaligu Redaktur dan Pembimbing Omdesa.id

Komentar