Bawaslu Halbar Kembali Gelar Sidang Gugatan Partai Golkar

0
26
Bawaslu Halbar saat gelar sidang soal sengketa partai Golkar Halbar

HALBAR, LENTERA.CO.ID – Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Halmahera Barat (Bawaslu Halbar) kembali gelar sidang lanjutan gugatan partai Golkar Halbar versi Samad Hi Moid, dengan agenda mendengar keterangan termohon dalam hal ini pihak KPUD Halbar atas gugatan pihak pemohon pada Selasa 28 Agustus 2018 tadi.

Pihak pemohon yang dihadiri, Mat Rely, Iwan Hi Kader dan Apner Saban saat menyampaikan tanggapan membenarkan bahwa pihak KPUD Halbar sudah menerima pendaftaran bakal calon dari partai Golkar, namun berdasarkan pada hasil verifikasi Bacaleg yang diajukan pihak pemohon tidak memenuhi syarat (TMS) di dapil I dan III, dimana dalam pengajuan tersebut, pihak pemohon hanya memasuka satu nama Caleg di dapil I (Jailolo – Jailolo Selatan) dan 2 nama Caleg di dapil III (Ibu – Tabaru – Loloda) sehingga dinyatakan tidak sesuai dengan ketentuan pasal 7 dan pasal 8 PKPU nomor 20 tahun 2018. “Jadi apa yang didalilkan pemohon tidak berdasar,” kata Iwan.

Menurutnya, konflik partai politik adalah hal Internal parpol yang bersangkutan, jadi sebagai penyelenggara, KPUD hanya memberikan ruang kepada pengurus parpol untuk melengkapi persyaratan administrasi Bacaleg sebagaimana ketentuan PKPU nomor 20 tahun 2018 itu.

BACA JUGA: Ketua Bawaslu Halbar, Alwi: Sengketa Partai Golkar Masih Butuh Keterangan Tambahan

Namun terkait dengan dalil pemohon telah mengalihkan sebagian berkas Caleg Golkar versi Ahmad Zakir Mando (AZM) ke versinya (Samad), lanjut Iwan, itu tidak benar. “Karena yang bersangkutan tidak pernah menyampaikan kepada kami (pemohon),” tuturnya.

“Dan ini sangat berbanding terbalik dengan pernyataan dari ke 25 caleg Golkar versi AZM, yang menyatakan menolak nama dan berkasnya menjadi bahan persyaratan calon partai Golkar versi Samad”.

Usai mendengar tanggapan dari pihak KPUD Halbar, Majelis sidang gugatan partai Golkar, yang diketuai ketua Bawaslu Halbar, Alwi Ahmad yang didampingi Kordiv Hukum Aknosius Datang dan Kordiv PHL Muhammadun H Adam, menutup dan menunda sidang yang dibuka untuk umum lalu dilanjutkan pada besok, Rabu 29 Agustus 2018 dengan agenda mendengar keterangan saksi.

Sekedar diketahui, saksi yang akan dihadirkan sebanyak 6 orang yang merupakan Bacaleg partai Golkar versi AZM yang menyatakan bergabung ke Partai Golkar kubu Samad Hi Moid.

Red: Chull

Loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini