oleh

Apdesi: Pergantian Kabid Pemdes, Bupati tak Perhitungkan Sikon Pemdes

HALBAR, LENTERA.CO.ID – Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) menilai Pergantian Kepala Bidang Pemerintahan Desa (Kabid Pemdes) pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Pemerintahan Desa (DPMPD) oleh Bupati Halbar dan Sekda Halbar, tidak memperhitungkan situasi dan kondisi (Sikon) Pemdes SeHalbar. 

Pasalnya, proses pencarian Dana Desa (DD) tahap II tahun 2018 untuk seluruh Desa di Halbar,  dibatasi oleh pihak KPPN Ternate hingga tanggal 8 Juni mendatang.

“Ini merupakan hal yang emergensi karena proses DD tahap II dilakukan melalui Siskeudes, sementara Siskeudes sendiri dikendalikan oleh Kabid Pemdes yang dimutasikan,  jadi secara otomatis proses pencarian DD tahap II akan terhambat,” jelas Bendahara Apdesi Halbar, Ruslan A Rauf yang juga Kades Bobo Kecamatan Jailolo ini pada reporter, Kamis, 31 Mei 2018.

Ia mengatakan, pergeseran Kabid Pemdes akan  berpengaruh pada pencairan DD tahap II tahun 2018. Karena pertimbangan batas waktu yang diberikan pihak KPPN Ternate. Sementara progres belum semua Desa terimput di sistem keuangan Desa (Siskeudes).

“Untuk itu,  kami minta kepada Bupati dan Sekda agar mengevaluasi kebijakan tersebut,  guna mempercepat input progres DD Desa dalam mengejar Detline waktu,” kata Ruslan.

Dikatakan, Apdesi Halbar juga berharap Bupati dan Sekda betul – betul objektif melihat sikon demi kebaikan daerah,  sebab terkait penyerapan DD secara nasional itu, Halbar masuk pada urutan kedua. Olehnya, APDESI berharap prestasi tersebut dapat dipertahankan. “Caranya, kabid pemdes belum bisa diroling untuk saat ini, ” pinta Abdesi.

Red: chull

Penulis: Reporter Halbar - CHASRUL Tampilang

Gambar Gravatar
CHASRULL, Reporter Biro HALBAR sekaligu Redaktur dan Pembimbing Omdesa.id

Komentar