2020-2024, Pemprov Malut Prioritaskan Otonomi Sofifi

0
31
2020-2024,-pemprov-malut-prioritaskan-otonomi-sofifi

LENTERA MALUT — Pemerintah Propinsi Maluku Utara (Pemprov Malut) pada 2020-2024 bakal prioritasakan pembangunan Ibukota Sofifi. Hal ini disampaikan Wakil Gubernur Maluku Utara, Al Yasin Ali saat menghadiri acara Launching PPBMI di Grand Dafam Hotel pada Sabtu 19 Oktober 2019.

Ia mengatakan, prioritas pembngunan Sofifi ini telah disampaikan ke Bapenas saat mengikuti kegiatan pembahasan forum RPJM pada bulan Lalu. Menurutnya, prioritas itu tak lepas dari upaya menjadikan Sofifi sebagai daerah otonom.

“Saat ini upaya pemprov Malut melakukan pendekatan dengan Pemkot Tidore Kepulauan, ikhlaskan saja supaya ketika Sofifi dicabut secara moratorium oleh Presiden, maka usulan pemekaran Sofifi bisa didorong hingga ke DPR RI,” ujar Wakil Gubernurr, Al Yasin Ali.

Ia juga mengatakan, bahwa usulan untuk membentuk daerah otonomi baru harus melalui rekomendasi daerah asal.

“Saya pernah sampaikan ke Gubernur supaya kita segera ke Mendagri bahkan presiden untuk merekomendasi pembuatan Kepres daerah Sofifi untuk menjadi daerah persiapan,” kata Yasin Ali.

Saat ditanya wartawan apakah Pemprov Malut sudah berkoordinasi dengan Pemkot Tidore Kepulauan, kata Yasin Ali, pihaknya sudah berbicara dengan pemerintah. “Mereka sudah membuat persiapan. Saya bilang, cari dulu usulan yang dulu, waktu presiden belum menetapkan moratorium ini,” tutur dia.

Namun, jika moratorium ini sudah dicabut, lanjut Wakil Gubenur Al Yasin, maka pihaknya akan memulai dari awal lagi. “Semuanya akan disiapkan mulai dari nol dan kita akan duduk dengan berbagai pihak, termasuk pihak kesultanan,” ucap Yasin Ali.

Rep: Cholis/Red:Jun

The post 2020-2024, Pemprov Malut Prioritaskan Otonomi Sofifi appeared first on LENTERA Malut.

Loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini