Aksi Tolak RUU Sempat Ricuh, Satu Mahasiswa Tertembak

0
13
aksi-tolak-ruu-sempat-ricuh,-satu-mahasiswa-tertembak

LENTERA MALUT — Aksi protes yang digelar depan kantorn DPRD Kota Ternate, pada Rabu, 25 September 2019, sempat ricuh. Massa aksi berkali-kali dipukul mundul oleh tembakan water cannon dan gas air mata dari aparat kepolisian.

Massa aksi ini menolak RUU yang tengah kontroversial. RKUHP, RUU Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU P-KS), RUU Pertanahan, RUU, Minerba, dan beberapa lainnya yang dinilai timpang dan jauh dari persoalan rakyat.

Dalam aksi ini, sorang mahasiswa inisial SA (26) terkena serpihan peluru tembakan gas air mata dibagian wajah. Ia dilarikan ke RSUD Chasan Boesoirie Ternate.

Beberapa sumber mengatakan, mahasiswa yang terkena tembakan gas air mata itu, tercatat sebagai mahasiswa di Fakultas Tarbia IAIN Ternate, asal Galela Kabupaten Halmahera Utara (Halut).

SA di ketahui dilarikan keruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Kota Ternate, korban langsung dijenguk oleh Kapolres Ternate, Ketua Cabang HMI dan puluhan mahasiswa rekan korban.

“Memang kejadian ini tiba-tiba pada saat saling lempar di situ saya langsung dilaporkan oleh anggota, bahwa ada yang terkenal tembakan, saya kaget sebenarnya ada tembakan apa, saya langsung perintahkan anggota untuk mengecek secara langsung,” kata Kapolres Ternate AKBP Azhari Juanda usai menjenguk

SA di RSUD Kota ternate.

Dia juga menyebut, tak lama kemudian, Ketua Umum (Ketum) HMI Cabang Ternate menyodorkan selongsong bekas gas air mata.

“Setahu saya pada saat kejadian itu tidak ada suara tembakan dan tidak ada juga asap gas air mata tetapi saya mengambil dari tangan ketum HMI dan mencium tidak ada bau mesiu bahkan selongsong ini merupakan selongsong yang sudah lama,” tutur Kapolres.

BACA: Menolak RUU, Ribuan Mahasiswa Turun ke Jalan

Dia memastikan, seluruh peralatan untuk menghadapi demo masih berada dalam kendaraan, dan belum digunakan tetapi dirinya tidak mau mencari kebenaran sehingga akan mencaritahu karena apapun itu akan tetap diproses penyelidikan. Bahkan penemu selongsong juga akan diperiksa.

Kapolres khawatir, jangan sampai ada pihak-pihak yang sengaja mencoba membenturkan polisi dengan mahasiswa, sehingga dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang dapat merusak suasana aksi tadi.

Ribuan massa menyanyikan yel-yel perjuangan depan DPRD Ternate. (Foto: Ajun/Lentera)

Untuk korban saat ini sedang menjalani perawatan, Kapolres mengatakan, akan melakukan visum untuk kepentingan penyelidikan, karena dirinya sudah melihat secara langsung korban dan dokter bedah yang sudah menanggani korban. Selanjut untuk biaya pengobatan dan segala macam itu tanggung jawab Polres.

Dia juga memastikan, jika dalam proses penyelidikan, terbukti anggotanya terlibat maka dipastikan akan ditindak tegas.

“Jika hasil penyelidikan ada anggota yang terlibat, jelas ada mekanismenya sesuai dengan pelanggaran yang dilakukan. Masalah ini saya akan tetap lidik,” tegas Kapores.(Ajn)

The post Aksi Tolak RUU Sempat Ricuh, Satu Mahasiswa Tertembak appeared first on LENTERA Malut.

Loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini