Penerang Pembaca

Arsip 2015

Pemprov Jabar akan Pasang 600 WiFi Gratis di Desa-desa

Bagikan :

LENTERA NEWS — Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPM-Desa) Provinsi Jawa Barat (Jabar) Dedi Supandi mengatakan tahun ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar akan memasang 600 titik wifi gratis. Wifi ditempatkan khususnya di daerah-daerah yang blank spot.
“Terus setelah pemasangan wifi gratis di desa, program turunan yang berkaitan dengan pelayanan publik dan arus informasi dapat berjalan dan direalisasikan secepatnya,” kata Dedi Supandi, Rabu, 28 Agustus 2019.
Dedi mengatakan pemasangan wifi menjadi fokus pertama Pemprov Jabar. Jika koneksi internet desa baik, program lainnya, seperti Sapa Warga dan One Village One Company (OVOC), dapat terealisasi.
Menurut dia ketimpangan digitalisasi masyarakat pedesaan dengan perkotaan menjadi salah satu problem Jabar dalam menghadapi revolusi industri 4.0. Untuk menyeselesaikan masalah tersebut, kata dia, Pemerintah Provinsi Jabar menggagas desa digital.
Ia menjelaskan desa digital merupakan program pemberdayaan masyarakat melalui pemanfaatan teknologi digital dan internet dalam pengembangan potensi desa, pemasaran, dan percepatan akses serta pelayanan informasi.
Nantinya, seluruh pelayanan publik di desa akan didigitalisasi, koneksi internet akan dibenahi, command center dibangun, dan masyarakat desa dapat memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan sekaligus mengenalkan produk unggulan di wilayahnya.
Sejak diluncurkan oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil pada 10 Desember 2018, Pemprov Jabar sudah memasang wifi di desa-desa blank spot atau desa tidak memiliki koneksi internet sama sekali. Di sektor perikanan, lanjut dia, sebanyak 1.039 kolam yang menggunakan teknologi smart auto feeder.
Lewat teknologi itu, memberi pakan ikan bisa menggunakan gawai dan hal tersebut membuat panen naik dari dua menjadi empat kali dalam setahun. Persentase pendapatan pun melonjak sekira 30 sampai 100 persen dan dengan koneksi internet yang lancar, pemasaran ikan pun dapat dilakukan secara online.
Selain itu, di Ciwidey, Kabupaten Bandung, pemasaran hasil pertanian sudah melalui e-commerce. Hal itu tentu saja menguntungkan petani dan konsumen, karena alur distribusi yang kerap melambungkan harga, dapat dipangkas.
Sebelumnya Ridwan Kamil berharap Desa Digital di Jabar dapat menjadi contoh bagaimana ekosistem digital mampu meningkatkan perekonomian warga desa, sehingga urbanisasi ke kota bukan lagi satu-satunya pilihan untuk meningkatkan taraf kehidupan.
“Itu (Desa Digital Jawa Barat) adalah inovasi besar yang tidak semua tempat di dunia melakukan, jadi saya kira ini contoh. Baru memulai tapi udah diapresiasi, Insyaallah panennya akan luar biasa,” katanya.
Salah satu apresiasi diberikan oleh OpenGov, organisasi bertaraf internasional yang memberikan penilaian terhadap kinerja pemerintahan, khususnya untuk inovasi, yang dilakukan pemerintahan di berbagai belahan dunia.
OpenGov memberikan penghargaan “Recognition of Excellence 2019” untuk Kategori Insiatif Desa Digital kepada Pemprov Jabar dalam ajang Indonesia OpenGov Leadership Forum 2019 di Hotel JW Marriot, Kuningan, Jakarta, beberapa waktu lalu.
Penghargaan memang bukan hal terpenting dalam membangun Jabar. Namun, penghargaan dapat menggambarkan bahwa program Desa Digital yang digagas Pemprov Jabar sudah menyentuh ke akar persoalan dan manfaatnya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat.
Sumber: Republika.co.id

ARSIP Majalah dan Koran LENTERA

Majalah dan Koran LENTERA ini Terbit Sejak 2011 hingga 2014.

Terbaru

Merasa Dianiaya Senior, 3 Mahasiswa Baru Teknik...

LENTERA PENDIDIKAN — 3 Orang mahasiswa baru Fakuktas Teknik Universitas Muhammadiyah Maluku Utara melarikan diri karena merasa dianiaya oleh senior saat kegiatan pengenalan kampus...

KKB Abu Razak Cs Baku Tembak dengan...

LENTERA News – Kelompok kriminal bersenjata (KKB) dibawah pimpinan Abu Razak Cs Baku tembak di Keude Trienggadeng Kabupaten Pidie Jaya pada Kamis, 19...

UIM Makasar Sambut 1000 Mahasiswa Baru 2019

LENTERA PENDIDIKAN — Universitas Islam Makassar (UIM) menggelar rapat senat terbuka luar biasa dalam rangka penyambutan dan pesantren mahasiwa baru tahun akademik 2019/2020, di...

Bawaslu Malut Sosialisasi UU Tentang Pilkada

LENTERA PEMILU –– Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Maluku Utara (Malut) gelar sosialisasi Undang-undang No. 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di...

BPBD Pijay Gelar Serah Terima Rumah Bantuan...

LENTERA NEWS – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pidie Jaya melakukan serah terima rumah bantuan Gempa PIdie Jaya ke pokmas Boh Jok Kecamatan...

Terpopuler

Sidang Kasus Pemurtadan Siswa, Hakim Diminta Jatuhi...

Lentera.co.id -- Pengadilan Negeri Ternate kembali melanjutkan sidang kasus dugaan pendangkalan aqidah yang dilakukan Yayasan Barokah Surya Nusantara (YBSN) dan Gerakan Mencegah...

WNI Ini Dituduh Incar Separuh Kekayaan Suaminya

LENTERA.CO.ID -- Wanita asal Surabaya Novy Chardon dituduh mengincar separuh harta kekayaan suaminya John William Chardon, termasuk perusahaan, investasi pertambangan, serta dana...

Video Kelemahan dan Kelebihan All New Terios

Daihatsu Terios pertama kali terjun ke pasar Tanah Air 2006 silam. Setelah berumur 10 tahun lebih, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sadar kalau persaingan...

Chelsea Raup Keuntungan dari Penjualan Kostum Willian

LENTERA SPORT — Chelsea meraup keuntungan dari segi komersial penjualan kostum. Itu setelah jersey bernomor punggung 10 Chelsea yang kini dipakai Kostum Willian secara...

DPRD Haltim Gelar Sidang Istimewa Pergantian Antara...

HALTIM, LENTERA.CO.ID – Sidang paripurna…

Teknologi Tingkatkan Pendapatan UKM Hingga 40 Persen

LENTERA, TEKNO — Teknologi menjadi…