Prodi Kehutanan Unkhair Ternate Raih Akreditasi B

0
39

Pendidikan.lentera.co.id — Program Studi Kehutanan Fakultas Pertanian Universitas Khairun Ternate peroleh akreditasi B melalui Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) yang keluar pada Selasa, 20 Agustus 2019 siang tadi.

“Akreditasi ini merupakan salah satu wujud dari kerja sama sehingga bisa memenuhi syarat standar akreditasi yang ditetapkan oleh BAN PT,” ujar Kaprodi Kehutanan, Aqshan Shadikin Nurdin, diruang kerjanya sore tadi pasca informasi akreditasi diterima melalui LP3M Unkhair Ternate.

Standar akreditasi yang Aqshan maksud itu ada 7 (tujuh) syarat. Diantaranya, (1); visi, misi, tujuan dan sasaran, serta strategi Pencapaian, (2); data pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan, dan penjaminan mutu, (3); mahasiswa dan lulusan. (4); sumber daya manusia.

(5); kurikulum, pembelajaran, dan suasana akademik. (6); pembiayaan, sarana dan prasarana, serta sistem informasi. (7); penelitian, pelayanan/pengabdian kepada masyarakat, dan kerja sama

“Standar-standar tersebut telah kami penuhi, dan alhamdulillah telah memenuhi syarat Dewan Eksekutif, sehingga nilai yang keluar bisa mencapai nilai B,” terangnya.

Aqshan bilang, hasil akreditasi ini bisa digunakan oleh alumni maupun sarjana Kehutanan nanti sebagai salah satu persyaratan berkas sewaktu mendaftarkan jadi PNS atau ke instansi terkait.

Oleh karena itu, dia sangat berharap agar predikat akreditasi B untuk Prodi Kehutanan Unkhair bisa bertahan, bahkan bisa meningkat mencapai nilai A.

“Untuk mencapai nilai maksimal itu butuh proses, perjuangan, kerja keras, sehingga bisa mencapai tujuan tersebut,” akunya.

Selain itu, dia berharap agar pihaknya bisa bekerja sama untuk menertibkan administrasi Program Studi dan menyiapkan kebutuhan assesment Tim BAN PT.

“Jika bahan kebutuhan itu tercapai dan terpenuhi, maka saya yakin dan percaya, penilaian akreditasi kedepannya menjadi lebih baik,” tuturnya.

Sebelumnya, pada Jumat 26 Juli 2019 lalu, tim assesor BAN PT Kemenristekdikti berkunjung di Prodi Kehutanan Fakultas Pertanian Unkhair Ternate untuk melakukan penilaian dan verifikasi dokumen standar akreditasi.

Kedatangan itu juga disambut dengan optimis dan hasilnya sesuai yang diharapkan, yakni akreditasi B terpenuhi.

Dengan hasil itu, Aqshan sangat berterima kasih atas kerja sama dari seluruh pihak, baik stakehoder, instansi, Dinas Kehutanan Provinsi Maluku Utara, pihak Taman Nasional Aketajawe Lolobata, civitas akademika, Rektor Unkhair Ternate dan Fakultas Pertaninan Unkhair yang telah bekerja sama untuk menyusun borang akreditasi.

Juga kepada alumni-alumni Kehutanan, mahasiswa kehutanan, yang telah berkontribusi.

Sebagai informasi tambahan, Kaprodi Kehutanan ini juga menyampaikan qouta mahasiswa baru tahun ajaran 2019/2020 yang ditargetkan mencapai 120 orang.

Jika qouta itu terpenuhi, maka mahasiswa baru kehutanan itu akan dibagi kedalam dua kelas.

Sekarang, yang baru terdaftar di Prodi Kehutanan saat ini berjumlah 74 orang. “Oleh karena itu, masih ada kemungkinan dilakukan penambahan,”tambahnya. (Ajn)

Loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini