oleh

Andi : Kegandaan DPT Karena Perubahan Sistem Online

HALBAR, LENTERA.CO.ID – Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Halmahera Barat (Kadukcapil Halbar) Andi R Pilly mengakui, terkait dengan adanya kegandaan Data Pemilihan Tetap Halbar, dikarenakan adanya perubahan Sistem online.

Hal tersebut disampaikan Kadukcapil Halbar, saat ditemui oleh pihak Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Halbar, terkait dengan adanya kegandaan DPT Pemilu 2019, Selasa 18 September 2018 tadi.

Dimana Bawaslu Halbar dalam Hal ini Kordiv PHL Muhammadun H Adam, mengatakan, DPT Halbar untuk pemilu 2019 sebanyak 74.268 pemilih, namun terdapat data ganda sebanyak 783 jiwa.

“Setelah dilakukan Penyempurnaan DPT masih terdapat kegandaan sebanyak 419 jiwa. Dan terdapat kegandaan pada NIK, yakni satu NIK terdapat banyak nama dan Nama sama yang satu memiliki NIK dan satunya tidak ada NIK,” tanya Muhammadun.

Menanggapi hal tersebut, Andi R Pilly, mengatakan, “Terjadi kegandaan itu dikarenakan adanya pengalihan sistem yang sebelumnya digunakan secara Offline (manual) ke online,” jelas Andi.

Lanjutnya, Setelah pendataan penduduk mengunakan sistem online, secara otomatis kegandaan data penduduk mulai berkurang,” ucap Mantan Kabid Dikmen Dikbud Halbar.

Red : Chull

Penulis: Reporter Halbar - CHASRUL Tampilang

Reporter Halbar - CHASRUL Tampilang
CHASRULL, Reporter Biro HALBAR sekaligu Redaktur dan Pembimbing Omdesa.id

Komentar

Berita Lainnya