oleh

Polres Ternate Siapkan Keamanan Menyambut Haornas

TERNATE, LENTERA.CO.ID — Kepolisian Resort (Polres) Ternate telah menyiapkan keamanan untuk menyambut Peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) pada tanggal 9 September 2018 mendatang.

Kapolres Ternate AKBP Azhari Juanda saat di temui sejumlah media seusai acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Jumat 7 September 2018 tadi, mengatakan bahwa akan membagi pengamanan diantaranya di Dhuafa Center, pengamanan acara tossily, mulai dari kadaton, maupun menuju landmark, hingga nantinya menuju ke Gelora kieraha.

“Kami sudah persiapkan dengan baik dan matang, dan kemarin kami juga sudah melaksanakan rapat dengan Papeda Kota, juga dari pihak panitia pusat, terkait dengan kesiapan tossily untuk memantapkan sistem keamanan yang kami langsungkan di gelora kieraha,” tutur Kapolres, AKBP Azhari Juanda seusai Seritjab di Porles Ternate, Jumat 7 September 2018.

Aparat Personil keamanan Porles Ternate yang bertugas dalam kegiatan Haornas secara keseluruhan sebanyak 290 anggota.

Selain Personel dari Porles Ternate, Kaporles Azhari juga meminta bantuan back up dari Kodim Ternate, diantaranya; satu Klaton untuk Sabhara, Danmas Klaton dengan kelengkapanya. Untuk PH Brimob juga 1 klaton, di tambah lagi back up oleh Satpol PP, Dishub, serta Pemadam Kebakaran.

Strategi pengamanan akan merujuk pada hasil perkiraan intelijen dengan eskalasi-eskalasi yang ada.

“Kami persiapkan sampai ke hal yang kira-kira ancaman Kantibmasnya yang paling besar, mulai dari tugas intelijen dari prefentif dan juga penegakan hukum. Kami ada satgasnya masing-masing,” ungkap Kaporles.

Bila terjadi eskalasi ancaman kantimnas yang berdampak gangguan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (kamtibmas) yang besar, kata Kapolres, sudah menyiapkan Danmas And, Danmas lanjut dan PHH Brimob.

Kaporles menambahkan, bahwa yang ikut masuk di Gelora Kieraha adalah instansi-instansi yang terpilih dan telah di bagi diantaranya TNI-Polri, pelajar SMP, SMA, Tokoh Agama, Tokoh Adat, dan Pemerintah daerah. Mengantisipasi agar tidak sembarang orang yang masuk, Polres juga telah menyiapkan 15 Anggota yang akan di tempatkan di setiap pintu masuk dan di bagian tribun Gelora Kieraha.

“Kami akan mengadakan pengecekan terhadap barang bawaan serta kondisi setiap orang yang masuk ke dalam Gelora.Guna mencari tau seperti apa. Apakah ada yang membawa miras, senjata tajam, atau petasan, itu akan kami sterilkan,” tegas Kaporles.

Selain itu, sisi keamanan di jalan raya juga akan dilakukan rekayasa lantas, yaitu penutupan jalan agar tidak ada kendaraan yang masuk dalam areal kegiatan Haornas.

Porles Ternate telah melakukan kerja sama dengan Pemerintah Kota Ternate untuk menyediakan kantong-kantong parkir, yang di tempatkan di Kejaksan tinggi, Walikota lama, gudang bulok, dan beberapa area di sekitarnya.

Kaporles Ternate, berharap agar masyarakat kota Ternate juga bersama-sama menjaga keamanan sampai selesai terlaksananya Haornas.

“Saya ingin sampaikan kepada Masyarakat Kota Ternate, ini merupakan satu kehormatan dan kebanggaan bagi masyarakat Kota Ternate. Karena Ternate di tunjuk sebagai tempat untuk di laksanakanya ajang, acara puncak peringatan hari olahrga nasional. Tentunya hal ini di tunjuk tidak main-main.Untuk itu mari kita jaga sama-sama keamanan ini, jangan kita kecewakan kementrian yang telah memberi kepercayan dengan menunjuk kota ternate sebagai tempat pelaksanaan,” tutup komentarnya.

Red: Ajun

Komentar

Berita Lainnya