oleh

Pelaksanaan Haornas di Ternate, Sat Lantas Siapkan 13 Titik Rekayasa Lalu Lintas

TERNATE, LENTERA.CO.ID — Sat Lantas Polres Ternate bersama Sat Lantas Polda Malut akan menyiapkan 13 titik rekayasa lalu lintas pada acara puncak pelaksanaan Hari Olahraga Nasional (Haornas) yang dipusatkan di Stadion Gelora Ternate pada Ahad, 9 September 2018.

Rekayasa jalur lalu lintas ini, mulai dilaksanakan pada Jumat 7 September 2018, saat pelaksanaan acara pembukaan Pameran di Gedung Dhuafa Center Kota Ternate.

Berkait hal itu, Kasat Lantas Polres Ternate melalui Kepala Unit (Kanit) Turjawali, Ibrahim Mappe, saat ditemui reporter Lentera.co.id di lapangan mengatakan, untuk hari ini rekayasa lalu lintas di mulai pada pukul 14.00 waktu Ternate, saat pembukaan Pameran Asean Para Games di Gedung Dhuafa Center Kelurahan Gamalama.

“Ada 7 titik yang akan direkayasa agar kegiatan pembukaan pameran bisa berjalan aman, lancar dan normal. Rekayasa untuk 7 titik itu sendiri, di jalur depan mesjid Almunawwar, Bundaran Gamalama, depan Nando, Landmark, samping Gereja Katolik (gereja batu-red), depan PLN, dan di pasar Higenis,” jelas Ibrahim Mappe.

lanjutannya, Jika terjadi tumpukan, lanjut Mappe, maka akan digunakan sistem bongkar dua kali pengalihan. Jika dengan jumlah kendaraan sebanyak 100, maka akan di bagi dua. “50 diarahkan di pasar higenis ke Makmur Utama dan sisanya akan diarahkan dari Almunawar ke bundaran Gamalama untuk pembukaan pameran jika selesai akan dinormalkan arus lalu lintas,” ungkapnya.

Sedangkan pada 9 September, akan diberlakukan rekayasa jalur, sehingga sejumlah ruas jalan akan ditutup total tidak ada satupun kendaraan yang masuk.

Berikut rekayasa lalu lintas yang telah diatur Sat Lantas Polres Ternate dan Polda Maluku Utara. Dari 13 titik yang sudah disiapkan yang pertama di mesjid Almunawar, bundaran Gamalama, depan toko Nando, belakang kantor Wali Kota, kemudian tanah raja 1 tepat di belakang hotel Archi, tanah raja 2 belakang mesjid, depan pelabuhan Ahmad Yani, Dakomib, depan PLN, depan Chrisant, depan Gereja Ayam, KFC lama, depan RM Sari Bundo dan lampu merah Prima.

Mengatur arus lalu lintas sepanjang acara pembukaan, Sat Lantas Polres Ternate menerjunkan 52 personil ditambah 28 personil Dit Lantas Polda Malut.

Sementara untuk acara puncak sendiri di stadion Gelora Kie Raha, akses area bagi kendaraan yang masuk akan ditutup dan tidak ada satu pun kendaraan yang masuk, namun ada pengalihan arus lalu lintas.

“Yang pertama di Kampung Pisang, belakang Gudang Bulog, Tanah Mesjid, depan BI, untuk area yang sudah ada akan dikosongkan sepanjang jalur bagi pengalihan arus untuk dijadikan tempat parkiran kenderaan roda dua maupun empat yang sudah di siapkan tempat parkiranya,” terangnya.

Atas nama jajaran Polres Ternate, Kanit Turjawali, Ibrahim Mappe meminta masyarakat Kota Ternate untuk dapat bekerjasama, sehingga kegiatan bertaraf nasional ini, bisa berlangsung dengan aman, lancar dan sukses.

“Diharapkan dan dimohon kepada masyarakat Kota Ternate untuk pengertianya, kerja samanya, terhadap rekayasa lalu lintas inii semata demi melancarkan kegiatan Haornas di kota Ternate,” tutupnya

Red: Hana

Penulis: Reporter Sofifi-Ternate,- HARYANI H Y

Gambar Gravatar
JUNAIDI adalah Reporter Biro TERNATE-SOFIFI sekaligus Redaktur dan Pembimbing Omdesa.id di SOFIFI/TIDORE

Komentar