oleh

Pembayaran Pajak, BPPRD Terapkan Sistem Layanan yang lebih Efektif

TERNATE, LENTERA.CO.ID – Badan Pengelola Pajak dan Restribusi Daerah (BPPRD) Kota Ternate berencana menerapkan sistem pelayanan yang lebih efektif dengan tujuan untuk mempermudah masyarakat saat pembayaran retribusi pajak.

Sekretaris BPPRD Kota Ternate, Jufri Ali saat ditemui reporter lentera.co.id di ruang kerjanya pada Kamis 06 September 2018 mengatakan, ada 10 jenis pajak yang dikelolah BPPRD dan terbagi lagi menjadi 17 item restribusi pajak yang sudah dikelola.

“Untuk restribusi pajak sendiri, sebagian besar masyarakat sudah membayar namun ada beberapa masyarakat yang belum sempat membayar ke petugas penagi di lapangan karena ada masyarakat yang masih keluar daerah,” kata Jufri.

Sementara untuk jenis usaha, Jufri mengakui pembayaran pajak di Kota Ternate, terutama pada unit usaha seperti perhotelan, restoran dan tempat hiburan tidak ada kendala dilapangan.

“Sudah ada sanksi dari BPPRD. Sanksi admistrasi. Jika keterlambatan pembayaran selama satu bulan, maka dikenakan denda dua persen dari syarat dan ketetapan yang sudah dibuat,” terang Jufri.

Ia mengatakan, ada upaya lain yang dilakukan untuk menghindari, jika tunggakanya berlebih sampai tahunan, BPPRD mengambil langkah dengan memasang stiker BPPRD yang akan ditempel sebagai sanksi moril agar wajib pajak menyadari untuk membayar.

Itu sebabnya, Jufri mengiimbau kepada warga Kota Ternate agar menunaikan kewajiban sebagai warga negara yang baik dengan membayar pajak tepat pada waktunya sehingga tidak dikenakan saknksi denda saat jatuh tempo.

“Retstribusi pajak, sifatnya memaksa. Sebab pajak merupakan kewajiban bagi setiap warga,” tutur dia.

Red: Hana

Penulis: Reporter Sofifi-Ternate,- HARYANI H Y

Gambar Gravatar
JUNAIDI adalah Reporter Biro TERNATE-SOFIFI sekaligus Redaktur dan Pembimbing Omdesa.id di SOFIFI/TIDORE

Komentar

Berita Lainnya