oleh

Haornas di Kota Ternate, “Ayo Olahraga, Bangun Indonesia”

TERNATE, LENTERA.CO.ID — Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Maluku Utara (Malut) Ternate telah mempersiapkan perayaan Hari Olahraga Nasional (Haornas) yang akan diselenggarakan pada 7 September 2018 besok hingga pada puncak acara 9 September 2018 mendatang.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), Sukarjan Hirto, saat di temui mengatakan, bahwa persiapan menjelang Haornas sudah memasuki finalisasi sekitar 70% dan pada tanggal 8 nanti akan gladi bersih semua persiapan acara Haornas.

“Tema sentralnya, “Ayo Olahraga, Bangun Indonesia”. Sedangkan tema acaranya, “Timurku Indonesia Berjaya” sehingga semua orang mengerti pola keolahragaan yang ada di Maluku Utara pada umumnya dan Ternate Pada khususnya,” Kata Kadis Sukarjan, saat di temui di ruang kerjanya pada tanggal 6 September 2018

Haornas ini juga akan di hadiri oleh sejumlah Kementrian dan Pemerintah Provinsi dari Seluruh Indonesia dan kemungkinan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Namun kata Kadis, “Wakil Presiden melakukan kordinasi dengan Pantia pusat agar beliau juga hadir dalam rangka menguatkan kegiatan Haornas kali ini,” pungkasnya.

Kegiatan pertama kali yang di pusatkan di kota Ternate ini juga akan menghadirkan beberapa artis untuk mengisi acara Haronal, baik artis lokal maupun artis nasional seperti Seventin, Cakra Khan, kemudian juga Luki Larut.

Selain itu juga dimeriahkan dengan tiga kegiatan nasional, diantaranya pawai obor Asian Para Games/Torch Relay, parade sepeda nusantara dan pameran nasional yang akan dipusatkan di Landmark Ternate.

“Pawai obor Asian Para Games atau torch relay dan parade sepeda Nusantara dipusatkan di Kedaton Kesultanan Ternate dan untuk Pameran Nasional Sendiri, akan di pusatkan di Dhuafa Center Ternate. Kegiatan puncak Peringatan Haornas 2018 akan di pusatkan di Gelora Kieraha, Ternate,” kata Kadis

Acara ini, menurut Kadis, sangat meriah dan terbuka untuk umum sehingga masyarakat dipersilahkan hadir untuk sama-sama memeriahkan Haornas

“Semua acara, pusat kegiatannya di Landmark. Ada prosesi prosesi adat obor Asian para Games itu, jalan kaki dari Kedaton Kesultanan menuju ke Land Mark. Semua jalur itu ditutup agar mengantisipasi arus lalu lintas. Nanti di atur oleh pihak kepolisian,” terang Kadis Sukarjan.

Dia juga berharap agar acara ini (Haornas) bisa membangkitkan semangat keolahragaan di provinsi Maluku Utara, khususnya kota Ternate.

“Ini momen yang sangat penting bagi kita semua, mari kita menjadi tuan rumah yang baik, tamu datang dengan senyum dan pulangpun juga dengan senyum,” ungkapnya sekaligus mengakhiri perbincangan.

Red: Ajun

Komentar

Berita Lainnya