oleh

Harga Sapi Menurun, Pengekspor Sapi Lokal Meningkat

TERNATE, LENTERA.CO.ID — Ketua Asosiasi Pengusaha Daging Sapi dan Kerbau Ternate, Maluku Utara, Ibrahim Hamid mengatakan harga dagin sapi segar mengalami penurunan harga normal menjadi Rp.110.000 per kilogram (kg) dari sebelumnya saat Idul Adha Rp.120.000 kg.

Dikatakan, harga pasaran daging sapi di kota Ternate sebenarnya harus tetap stabil pada angka Rp. 120.000,_ per kilogram tapi karena permintaan konsumen pasca hari raya kurban menurun maka harga daging harus disesuaikan dengan permintaan.

“Jadi dengan terpaksa kita harus turunkan harga daging seperti harga semula”, kata Ibrahim di pasar Higienis Bahari Barkesan Kota Ternate, pada selasa 28 Agustus 2018.

Ibrahim mengatakan, ini Kota Ternate mendapat pasokan daging sapi dari beberapa Kabupaten/Kota yang ada di Maluku Utara.

“Sapi didatangkan dalam keadaan hidup, sampai di Ternate baru di potong,” katanya.

Namun, sebagai pihak yang ikut menjaga dan mengantisipasi agar kebutuhan terhadap daging sapi di Kota Ternate selalu terpenuhi, Ibrahim menyayangkan adanya oknum yang selalu mengekspor stok sapi lokal dari Maluku Utara yang dibawa ke luar daerah.

“Yang kami sayangkan adalah sapi yang di ekspor keluar, sehingga harga daging harus naik untuk mengimbangi pembeli di luar Maluku Utara”. Katanya.

Olehnya, dia berharap agar penjual sapi di Maluku Utara tidak melakukan impor keluar, agar kebutuhan masyarakat di Maluku Utara, khususnya di Ternate terpenuhi dengan baik.

Red: Ajun

Komentar

Berita Lainnya