oleh

Kodam XVI Pattimura Tinjau Lokasi Pembangunan Kodim Halteng

HALTENG, LENTERA.CO.ID — Kodam XVI Pattimura yang dipimpin Asrendam XVI Pattimura Kol Inf Saripudin didampingi oleh Pasi OpsDim 1505/Tidore Kapten Arm Zainal.A, Pasi Inteldim 1505/Tidore, Kapten Inf Hasan Lestaluhu dan Danunit Zibang Ternate Letda Czi Hery beserta rombongan Kodam XVI Pattimura melaksanakan peninjauan dan pemetaan lahan untuk membangun Kodim Halteng di tiga lokasi pada Senin, 27 Agustus 2018.

Kesepakatan untuk dibangun kodim Halteng itu di kilometer 3, Desa Fidi Jaya, Kecamatan Weda, Kabupaten Halteng.

Dimana rombongan Kodam XVI Pattimura yang meliputi Kazidam XVI Pattimura Kol Czi Rudi Wahjudiono, Pabandya Anev / Dalprog Srendam XVI Pattimura Mayor Inf Heru Gunadi, Kaur Rendalprog Topdam XVI Pattimura Kapten Ctp Tedi Budiman, Kasirenkon Zidam XVI Pattimura dan Kapten Czi Iman Suharna.

Untuk pembangunan satuan dan asrama milter di kabupaten Halteng Danramil 1505-02/Weda Kap Inf Andi P, saat dikonfirmasikan mengatakan, peninjauan dan pemetaan lahan Kodim Halteng itu ada tiga lokasi namun yang bagus ada di kilometer 3 desa Fidi Jaya.

“Sebelumnya, kita acuhkan di kilo 9, namun pandangan bapak Asrendam XVI Pattimura, lahan kurang strategis sehingga ditetapkan dikilo 3 untuk dibangun Kodim Halteng”, ungkapnya.

Sementara itu, Kabag Pemerintahan Rahmat Safrani menambahkan, dengan peninjauan dan pemetaan lahan untuk pembangunan Kodim Halteng yang dilakukan oleh Kodam XVII Pattimura, pemerintah Daerah mendukung sekali dan menyediakan 4 hektar lebih untuk membangun Kodim Halteng.

Tanah milik Pemda 1,3 hektar dan 3 hektare sekian itu belum dibebaskan, sehingga dalam progres program perencanaan pembangunan kodim, bupati Halteng rencananya akan menghibahkan kedua areal tersebut untuk kelancaran pembangunan.

“Pak bupati sangat mendukung penuh keinginan dari TNI, khususnya Kodam untuk pembangunan Kodim, jadi Pemda melakukan penyiapan lokasi”, jelasnya.

Selain itu, tambahnya, mereka juga silahturahmi untuk memantapkan itu dengan Bupati Halteng, Edi Langkara, jika mekanisme anggaran dan penyediaan tanah, kami bagian pemerintahan sesuai dengan arahan kita sudah masukan anggaran penyiapan untuk permohonan Kodim untuk pembebasan lahan, itu bukan hanya pembangunan Kodim, tapi asrama, aslitas rumah dinas dan sarana pendukung lainnya.

“Dan setelah silahturahmi ini akan pihak Bappeda melalui PUPR akan berkordinasi dengan mereka soal anggaran di 2019 untuk pembangunan tahap pertama”, tutup Kabag pemerintahan.

Red : Iswan

Penulis: Reporter HALTENG,- IKEM

Gambar Gravatar
Reporter Biro Halteng, sekaligus Redaktur dan Pembimbing Media Omdesa.id

Komentar

Berita Lainnya