oleh

Babinsa Jailolo Gagalkan Pengiriman Miras

HALBAR, LENTERA.CO.ID – Babinsa Komando Rayon Militer (Koramil) 1501-03 Jailolo, Koptu Ahmad Soamole dan Koptu Michael Heo, mengagalkan pengiriman puluhan kantong minum keras (Miras) jenis Captikus, di pelabuhan Jailolo Desa Gofasa Kecamatan Jailolo Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Sabtu 25 Agustus 2018 tadi.

Upaya menggagalkan pengiriman miras yang dilakukan oleh Babinsa Koramil Jailolo ini, merupakan yang kesekian kalinya. Demikian disampaikan, Koptu Ahmad, kepada reporter, Sabtu tadi.

Menurutnya, upaya menggagalkan pengiriman barang haram ke Ternate itu, berawal dari laporan warga setempat, adanya sebuah dos (karton) yang dicurigai berisi Miras didalam KM. Pelita Harapan.

Dari informasi tersebut, Koptu Ahmad bersama Koptu Michael, langsung bergerak cepat, alhasil mereka menemukan dos yang dicurigai berisi miras sebanyak 33 kantong plastik tanpa pemilik, sehingga langsung diamankan untuk selanjutnya dimusnakan.

Ahmad menambahkan, untuk mengelabui petugas, barang haram tersebut disimpan di dek muatan (barang), tetapi berkat informasi masyarakat pengiriman barang haram tersebut berhasil digagalkan.

“selanjutnya, barang haram tersebut kami musnahkan diatas Pelabuhan, atas permintaan masyarakat dan para penumpang yang hendak berangkat,” terang Ahmad.

Sementara itu, Danramil Jailolo, Kapten Inf. Hidayat, juga membenarkan adanya pengamanan Miras oleh kedua anggota Babinsanya.

“Namun, karena atas permintaan dari para penumpang dan masyarakat setempat, sehingga barang haram tersebut langsung dimusnahkan ditempat,” akui Hidayat saat dikonfirmasi reporter Sabtu tadi.

Terpisah Dandim 1501 Ternate-Halbar, Letkol Kav. Bambang Sugiarta, juga membenarkan adanya pemusnahan Miras oleh Babinsa Jailolo itu berdasarkan laporan dari Danramil Jailolo.

“Karena miras itu, merupakan salah satu pemicu timbulnya penyakit masyarakat seperti perkelahian antar kampung (terkam) juga merusak generasi muda,” terangnya.

Olehnya itu, saya perintah kepada jajaran Kodim 1501 (Danramil dan Babinsa) agar terus memantau peredaran minuman keras terutama minuman keras jenis Captikus, bila ditemukan langsung disita.

“Saya juga menghimbau kepada masyarakat, apabila melihat atau menemukan peredaran miras atau kejadian yang dapat mengancam keamanan dan ketertiban agar segera melaporkan aparat keamanan terdekat (Danramil, Kapolsek atau Babinsa dan Bhabinkamtibmas),” harap Bambang.

Rep/Red : Chull

Penulis: Reporter Halbar - CHASRUL Tampilang

Gambar Gravatar
CHASRULL, Reporter Biro HALBAR sekaligu Redaktur dan Pembimbing Omdesa.id

Komentar