oleh

HUT RI Ke 73, Pemda Halsel Sukses dalam Menggelar Berbagai Kegiatan

SUARA SARUMA, LENTERA.CO.ID – Hari Kemerdekaan Indonesia adalah Hari Bangsa Indonesia berbangga dan bersuka cita dalam menyambut peristiwa yang sangat bersejarah ini.

Hari Kemerdekaan yang jatuh pada tanggal 17 Agustus selalu dinanti oleh sebagian besar penduduk Indonesia. Selain karena termasuk pada momentum yang hanya terjadi setiap satu kali dalam setahun, ada kemeriahan khas pada Hari Kemerdekaan.

Umumnya, Pada Hari Kemerdekaan Indonesia setiap daerah memiliki acaranya masing-masing untuk memeriahkan Peringatan Hut Kemerdekaan yang pada tahun ini berusia 73 tahun, dengan tujuan meningkatkan rasa nasionalisme dan kebersamaan antar warga.

Peringatan Hut Kemerdekaan RI ini, juga disambut dengan penuh suka cita oleh Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan dengan menggelar berbagai perlombaan diantaranya Lomba Gerak Jalan, Tari Tarian Tradisional/Tarian kreasi tingkat SD/SMP dan sederajat, (1 Sekolah 1 Grup), Pop Singer Tingkat SMA sederajad,(1 Sekolah 1 Pasang Putra dan Putri), dan lomba peragaan pakaian Adat Daerah tingkat SMA sederajad, (1 Sekolah 3 Pasang Putra dan Putri, lomba bola voli tingkat SMP dan SMA, lomba lari, lomba tarik tambang dan lomba olah pikir (domino).

Selain itu, Pemerintah Daerah juga melaksanakan pengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) pada, Kamis, 16 Agustus 2018.

Paskibraka Halsel

Pengukuhan yang digelar di Loby Kantor Bupati Halsel tersebut diikuti oleh 38 siswa paskibraka. Terdiri dari 18 putra dan 20 putri. Serta 4 orang pendamping dari jajaran TNI/Polri

Selanjutnya, pada Kamis, 16 Agustus 2018 malam, Polres Halmahera Selatan (Halsel) menggelar Upacara Malam Taptu ( Pawai Obor) di Halaman Kantor Bupati, yang dihadiri Wakil Bupati Halsel Iswan Hasjim, Ketua DPRD Halsel, Sekertaris Daerah Halsel, Yang Mewakili Dandim 1509 Pasi Log Kodim 1509 Labuha, dan Pimpinan SKPD.

Kapolres Halsel AKBP Irvan. S.P Marpaung bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam Upacara malam Tabtu tersebut.

Upacara malam hari yang dipimpin oleh Kapolres Halsel

Setelah itu, pad tanggal 17 Agustus 2018, Sebanyak 74 narapidana di Rumah Tahanan (Rutan) Labuha Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) mendapatkan pengurangan pidana (remisi) pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) yang ke 73 tahun.

Upacara pemberian remisi ini dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Halmahera Selatan.

Wakil Bupati Iswan Hasjim, saat membacakan amanat dari Mentri Hukum dan Hak Asasi Manusia, mengatakan, pada hari ulang tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, maka pemerintah memberikan apresiasi terhadap warga binaan pemasyarakatan yang telah mengikuti pembinaan dengan baik melalui remisi.

Remisi di Halsel saat HUT RI ke 73

“Remisi diberikan sebagai wujud apresiasi penyampaian perbaikan diri yang tercermin dari sikap dan Prilaku sehari-hari, yang taat selama menjalani pidana, yang lebih disiplin, lebih produktif dan dinamis, “kata Iswan.

Dirinya berharap, semoga dengan pemberian remisi ini akan memberikan kesempatan kepada saudara-saudara untuk selalu berbuat baik, saya juga mengingatkan agar tetap berupaya meningkatkan keimanan kepada tuhan yang maha kuasa, sebagai landasan saudara dalam menjalani kembali kehidupan ditengah-tengah Masyarakat.

Selesai mengikuti Upacara pemberian remisi yang dilaksanakan di Rutan Labuha, Wakil Bupati langsung menuju ke Lapangan Bukit Asombang untuk menghadiri Upacara Pengibaran Bendera dalam rangka Hari Kemerdekaan RI ke-73 Tahun 2018

Wakil Bupati Halmahera Selatan bertindak selaku Inspektur Upacara menggantikan Bupati Halmahera Selatan Bahrain Kasuba yang saat ini berada di Tanah suci Mekkah dalam menunaikan Rukun Iman Ke Lima.

Wabub jadi Inspektur Upacara HUT RI, mengganti Bupati Halsel

Upacara Hut Kemerdekaan yang ke 73 ini, mengusung tema “Kerja Kita Prestasi Bangsa”.

Turut hadir pada upacara ini, Forkopimda, Ketua DPRD, Anggota DPRD, Unsur Pemerintahan, Ketua GOW, Ketua Darma Wanita Halsel,TNI, Polri, Para Kepala Desa Se Kota Labuha, PNS Lingkup Pemda Halsel, siswa/siswi SD, SMP, SMA, serta berbagai kalangan.

Sebelum pengibaran bendera Merah Putih, Ketua DPRD Halmahera Selatan, Umar.Hi Soleman membacakan Naskah Proklamasi.

Pengibaran Sang Saka Merah Putih oleh Paskibraka berjalan dengan baik. Bertindak sebagai Komandan Upacara Kapten Infanteri Aditya Kurnia Rahman selaku Dankipan A Yonif RK 732 Banau. Sedangkan Pembawa Baki Friyani N. Arif dari SMA Negeri 1 Halsel, Pengait Bendera Arianto Morhon dari SMA Negeri 3 Halsel dan Pembentang Bendera Dwiki Rahmat dari SMA Negeri 1 Halsel.

Usai mengikuti Upacara, Wakil Bupati bersama rombongan Forkopimda menuju ke Pelabuhan Kupal untuk melakukan penaburan bunga dalam rangka mengenang jasa para pahlawan Indonesia yang memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia hingga sekarang berusia ke 73 tahun.

Selanjutnya pada Jumat, 17 Agustus 2018 Sore, dilakukan Upacara Penurunan Bendera di Bukit Asombang.

Bertindak sebagai Irup Wakil Bupati Halmahera Selatan. Adapun Komandan pada Upacara Penurunan Bendera yaitu Kapolsek Obi Selatan Shoqif Febrian S.TK, Pembawa Baki Widya R. Samper dari SMA Negeri 7 Halsel, Pengait Bendera Aldi Mandar dari SMA Negeri 2 Halsel dan M. Reza dari SMA Negeri 15 Dolik sebagai Pembentang Bendera.

Menutup seluruh rangkaian Hut Kemerdekaan RI Ke 73, Pemerintah Daerah menggelar Resepsi Kenegaraan di Loby Kantor Bupati, yang dihadiri Wakil Bupati Halmahera Selatan serta Forkopimda, Pimpinan SKPD, para anggota dan orang tua dari Paskibraka.

(HUMAS)

Penulis: Reporter Sofifi-Ternate,- HARYANI H Y

Reporter Sofifi-Ternate,- HARYANI H Y
JUNAIDI adalah Reporter Biro TERNATE-SOFIFI sekaligus Redaktur dan Pembimbing Omdesa.id di SOFIFI/TIDORE

Komentar

Berita Lainnya