oleh

Pembayaran DBH Tertunda, Naser: Keuangan Menipis

TERNATE, LENTERA.CO.ID – Penyaluran Dana Bagi Hasil (DBH) milik Kabupaten/Kota kini belum direalisasikan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov). Keterlambatan itu disinyalis sistem pembayaran harus disesuaikan dengan keuangan yang ada sekarang ini.

Meski begitu, Kepala Sub Bidang (Kasubid) evaluasi pertanggung jawaban pelaksanaan APBD Kabupaten/Kota Provinsi Maluku Utara, Naser Sangadji kepada reporter media ini pada Jumat 10 Agustus 2018 mengatakan, Pemprov tetap berupaya untuk melunasi tunggakan DBH milik pemerintah Kabupaten/Kota yang hingga kini memasuki triulan III, tahun 2018. Ia menyatakan, hak DBH Kabupaten/Kota akan direalisasikan secepatnya.

“Keuangan menipis, akan tetapi upaya penyelesaian tetap dlakukan,” katanya.

Sementara itu Direktur Bina Keungan Daerah Kementrian Dalam Negeri Indra Baskoro menambahkan, persoalan DBH sudah diatur jelas dalam undang-undang bahwa setiap kabupaten/kota mempunyai hak menerimah DBH dari Provinsi.

Itu sebabnya, kata Indra, Jika hingga saat ini Pemprov masih terlambat menyalurkan DBH ke Kabupaten/Kota, maka pertimbangan dari Provinsi seperti apa sehingga belum dibagikan DBH ke Kabupaten/Kota. “Mungkin saja Pemprov belum punya uang atau mungkin DBHnya tidak mencapai target,” katanya.

Red: Hana

Penulis: Reporter Sofifi-Ternate,- HARYANI H Y

Reporter Sofifi-Ternate,- HARYANI H Y
JUNAIDI adalah Reporter Biro TERNATE-SOFIFI sekaligus Redaktur dan Pembimbing Omdesa.id di SOFIFI/TIDORE

Komentar

Berita Lainnya