oleh

Ganti Sekdes dan Pemalsuan Tanda Tangan, Kades Sekom Diproses Hukum

SULA, LENTERA.CO. ID – Demi mencairkan anggara desa 2018, Kepala Desa Sekom Munajir Duwila diduga memalsukan tanda tangan sekretaris desa (Sekdes) Sekom.

Sebelumnya Kepala Desa Sekom, Kecamatan Sulabesi Selatan, Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul), Maluku Utara (Malut) memberhentikan Sekdes Zulhaidir Sangadji tanpa sepengetahun yang bersangkutan. Demikian itu diketahui saat ditemukan penandatanganan dokumen Anggaran Pendapatan Dan Belanja Desa (APBDes) 2018 oleh Sekdes bernama Saiful Buamona.

Meski begitu, disinyalir pergantian Sekdes dari Zulhaidir Sangadji ke Saiful Buamona, tanpa diketahui oleh Saiful sendiri dalam laporam APBDes Di tanggal 15 desember 2017.

Setelah dikonfirmasi reporter, Kades Sekom berkata bahwa sengaja memasukkan nama Saiful Buamona sebagai sekdes tampa dikonfirmasi dengan alasan yang bersangkutan berada diluar daerah dan tidak memiliki nomor telpon untuk diberitahukan.

“Saya sengaja memasukkan nama Saiful Buamona sebagai sekretaris, tanpa dikonfirmasi karena Saiful berada diluar daerah dan saya tak memiliki nomornya telponnya, “ujar Kades Munajir saat pemeriksaan di Polres Kepsul, Selasa, 24 Juli 2018.

Sementara Saiful Buamona yang diangkat memjadi sekretaris tanpa konformasi itu, merasa nama baiknya telah dicemari dengan tanda tangannya dan jabatannya dalam laporan APBDes 2018 sehingga melaporkan Kades Sekom ke pihak penegak hukum.

“Mengenai pemalsuan tanda tangan saya yang ada di laporan APBDes, sangat memalukan nama baik saya, apalagi kades belum mengkonfirmasi dengan saya sama sekali, tiba-tiba, nama dan tanda tangan saya ada dan sebagai sekretaris Sesa Sekom,” jelas Saiful pada reporter di kediamannya, Selasa 24 juli 2018, pukul 09:00 PM WIT.

Red : Jimi

Penulis: Reporter SULA, Jimran PANIGFAT

Gambar Gravatar
JIMMY, Redporter Biro SULA sekaligus Redaktur dan Pembimbing Omdesa.id

Komentar

Berita Lainnya