oleh

Jembatan Kusumadehe Ambruk

Yusri : Perbaikan Jembatan Diupayakan Dalam APBD – P 2018

HALBAR, LENTERA.CO.ID – Ambruknya Jembatan di Desa Kusumadehe Kecamatan Jailolo, yang terjadi pada Rabu 11 Juli 2018, dini hari tadi, diakibatkan oleh banjir beberapa hari terakhir. Demikian disampaikan Kabid Bina Marga pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PU-PR) Kabupaten Halmahera Barat, Abd Hamid Yusri, kepada wartawan, Rabu 11 Juli 2018 tadi.

Menurutnya, ambruknya Jembatan itu diakibatkan oleh erosi karena banjir yang terjadi beberapa hari lalu.

“Kejadian ini disebabkan oleh alam (banjir) sebab di jembatan tersebut ketiga terjadi hujan debit airnya cukup besar sehingga terjadi pengikisan tanah yang menyebabkan ambruknya jembatan ini,” kata Uci sapaan akrab kabid Bina Marga.

Mantan kabid Program PU-PR Halbar juga menjelaskan sebelum ambruk, dan masih retak, pihaknya sudah melakukan peninjauan dan akan membuat telaan untuk dianggarkan pada APBD perubahan 2018.

“Karena ini kejadian emergensi, lantaran jembatan tersebut akses protokol, jadi kami akan mengupayakan agar dapat diakomudir pada APBD-P 2018,” ucapnya.

Namun, total anggaran yang dibutuhkan untuk membangun jembatan tersebut belum bisa dipasti besarannya. “Nanti setelah kita lakukan pengukuran baru dapat dihitung anggaran yang dibutuhkan, sebab jembatan tersebut harus dibongkar total,” ujarnya.

Uci juga mengimbau kepada pengguna jalan terutama kendaraan roda empat agar tidak lagi melewati jembatan tersebut. Begitu juga untuk kendaraan roda dua, sebaiknya tidak lagi melewati karena tidak menutup kemungkinan bagian jembatan yang lain mengalami kerupuk. “Sebab Abupmen jembatan sudah terkikis akibat erosi,” pintanya.

Red: chull

Penulis: Reporter Halbar - CHASRUL Tampilang

Reporter Halbar - CHASRUL Tampilang
CHASRULL, Reporter Biro HALBAR sekaligu Redaktur dan Pembimbing Omdesa.id

Komentar

Berita Lainnya