oleh

Kades Ruslan: Rencana Eksplorasi Panas Bumi harus Didukung Sosialisasi Kongkrit

HALBAR, LENTERA.CO.ID – Pemerintahan Desa Bobo Induk Kecamatan Jailolo mendukung rencana pemerintah pemkab Halmahera Barat (Halbar), Kementerian ESDM, Kementerian Keuangan dan PT. Sarana Multi Infrastruktur (SMI) dalam rangka meningkatkan pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan dengan memanfaatkan potensi panas bumi yang ada di Desa Pabos – Idamdehe, guna menyukseskan program kemandirian energi nasional.

“Namun yang menjadi kendala sehingga proyek tersebut mengalami kegagalan beberapa kali karena kurangnya sosialisasi dari tim teknis mau Pemkab Halbar, atas manfaat dan dampak dari rencana eksplorasi panas bumi itu,” ungkapnya Kepala Desa Bobo, Ruslan A Rauf kepada reporter, Selasa 10 Juli 2018 sore tadi.

Untuk itu, Kata Kades, pihaknya (Pemdes dan Masyarakat) mengharapkan sosialisasi secara Kongkrit terkait dengan rencana eksplorasi yang akan dilakukan oleh Pemkab Halbar maupun pemerintah pusat.

“Agar tidak ada gerakan dari Masyarakat Pabos yang dapat menghambat rencana eksplorasi panas bumi itu, sebab Masyarakat (Pabos) belum mengetahui secara pasti maksud dan tujuan rencana pemerintah ini,” kata Ruslan.

Dia juga menambahkan, bahwa yang paling penting adalah, pemerintah daerah maupun pihak teknis harus melakukan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) sebelum dilakukan eksplorasi. “Karena imbasnya berdampak kepada lahan milik warga yang berada di lokasi eksplorasi,” pinta Ruslan.

Red: chull

Penulis: Reporter Halbar - CHASRUL Tampilang

Reporter Halbar - CHASRUL Tampilang
CHASRULL, Reporter Biro HALBAR sekaligu Redaktur dan Pembimbing Omdesa.id

Komentar

Berita Lainnya