oleh

Gara-gara Ternak Sapi, Si Pemilik Kebun ini Tuntut Ganti Rugi

SULA, LENTERA.CO.ID – Ibu Pua Tidore (40), salah satu warga Desa Fogi, RT 002/RW 002, Kecamatan Sanana, Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) tidak terima kebun sayurnya ludes dilahap ternak sapi milik salah seorang warga Desa Wai Hama, Kecamatan Sanana, Sehat Sapsuha.

Ibu Pua merasa dirugikan tenak sapi yang berkeliaran bebas sehingga berulangkali menerobos masuk kedalam kebun sayurnya walau dikelilingi pagar. Atas kerugian itu, Ibu Sehat pun datang dan membayar kerugian Ibu Pua Tidore sebesar Rp 500.000. Namun si korban mengembalikan uang tersebut karena merasa uang senilai itu tak cukup. Sementara si pemilik ternak sapi ini juga mengatakan kebun itu hanya berisi rerumputan sehingga kenapa harus menolak.

“Kebun penuh dengan rumput liar saja ko diganti rugi Rp 500.000 tidak mau,” kata pemilik Sapi, Ibu Sehat kepada Ibu Pua, Senin, 09 Juli 2018, pukul 10:00 WIT

Sementara Ibu Pua menyatakan, dirinya menolak biaya ganti rugi tersebut ternak itu berulang kali memakan tanamannya yang sementara siap dipanen.

“Kalau hanya uang senilai Rp 500.000 tak cukup untuk mengganti kerugian yang saya terima, dan bila mana masalah ini tak bisa di selesaikan, saya akan menembak mati hewan yang masuk di kebun,” tegas Ibu Pua.

Selain itu, si korban juga menyatakan akan melaporke kepala Desa Fogi dan Kepala Desa Waihama agar masalah tersebut bisa diselesaikan.

Menanggapi hal itu, Kepala Desa Waihama, Abd. Hair Teapon membenarkan bahwa masih banyak warga yang membiarkan hewan ternaknya bebas berkeliaran. Dia juga mengaku, sudah berulang kali saya memberi peringatan kepada warganya. “Saya bahkan lakukan pengumuman di desa, namun tak satupun warga yang mau mendengarkan,” kata Kades Abd. Hair.

Red: Jimmi

Komentar

Berita Lainnya