oleh

Digusur, Warga Kotabaru Datangi Disperindag

TERNATE, LENTERA.CO.ID – Sejumlah masyarakat Kelurahan Kotabaru mendatangi Kantor Disperindag pada Kamis, 5 Juli 2018, pukul 10.00 WIT.

Koordinator warga setempat Kasim Bungan mengatakan bahwa, kedatangan warga terkait penggusuran lokasi warga oleh pemerintah Kota Ternate untuk dijadikan tempat perdagangan. Bahwa sebelumnya, kata dia, penggusuran dilakukan tanpa pemberitahuan dari pihak pemerinta kota. “Penggusuran yang dilakukan itu secara mendadak dan hanya diberikansehari,” katanya.

Menurutnya, penggusuran yang di lakukan oleh pemerintah ini secara tergesah-gesah sehingga masyarakat mendatangi kantor Disperindag ini untuk mempertanyakan penggusuran yang dilakukan. “Apakah menjadi kebutuhan masyarakat yang bermukim atau hanya untuk masyarakat yang berdagang,” ujarnya.

“Pemerintah hanya mengistimewakan masyarakat yang berdagang”.

Berbeda dengan yang bermukim, kata Kasim, bahwa masyarakat yang bermukim lebih banyak, sekitar 45 Kepala Kelurga (KK). Tapi Perintah tidak pernah memberikan surat maupun menginformasikan bahwa ada penggusuran. “Pemerintah hanya memberitahukan para pedagang, sedangkan masyarakat yang bermukim tidak diberitahukan,” tutur dia.

Olehnya, lanjut dia, melalui instansi ini, masyarakat menyampaikan ke Dinas Disperkim dan DPRD Kota Ternate bahwa, yang seharusnya melakukan penggusuran ini adalah Dinas Pasar, Bukan Dinas Permukiman. “Karna ini untuk pembangunan pasar,” terangnya.

Red: Hana

Penulis: Reporter Sofifi-Ternate,- HARYANI H Y

Reporter Sofifi-Ternate,- HARYANI H Y
JUNAIDI adalah Reporter Biro TERNATE-SOFIFI sekaligus Redaktur dan Pembimbing Omdesa.id di SOFIFI/TIDORE

Komentar

Berita Lainnya