oleh

Kadinsos PMD: Dana BUMDes Wai Ipa belum bisa Dinyatakan Fiktif

SULA, LENTERA.CO.ID – Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Kadinsos-PMD) Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) Ali Umanahu mengoreksi polemik dugaan dana fiktif pada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Wai Ipa Kecamatan Sanana, Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara.

Ali menjelaskan, dana senilai Rp 181 juta itu belum bisa dinyatakan fiktif karena dialokasikan melalui Dana Desa (DD) pada 2017 lalu.

“Sebab anggaran tersebut melalui anggaran DD tahun 2017 lalu, berarti yang pastinya sebagian sudah dibelanjakan,” ujar Ali pada reporter Lentera Online, Rabu, 06 Juni 2018 pukul 10:00 AM wit, di ruang kejanya.

Megi begitu, lanjut dia, pihaknya akan melakukan penelusuran atas kebenaran soal dugaan penggelembungan dana BUMDes yang diduga dilakukan oleh Kepala Desa (Kades) Wai Ipa, Adisen Ipa. Jika dugaan tersebut benar terjadi, sebagaimana hasil audit Inspektorat Kepsul, kata Ali, maka sudah tentu Kades bersangkutan harus segera melakukan pengembalian.

“Apabila ada temuan seperti itu, kades yang bersangkutan segera melakukan proses pengembalian dan bakal mendapat tindakan keras dari Pemda Kepsul berupa pemberhentian dari jabatan,” tegas Ali.

Ia menambahkan, saat ini Inspektorat Kepsul dan beberapa instansi terkait telah turun ke Desa Wai Ipa untuk memastikan kebenaran dugaan temuan tersebut. “Dalam waktu dekat saya juga akan turun ke Desa Wai Ipa,” ujarnya.

Red: Jimi

10 september

Komentar

Berita Lainnya