oleh

Halsel Terima Penghargaan dari Presiden RI

HALSEL, LENTERA.CO.ID — Penghargaan terus diraih oleh Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) dibawah kepemimpinan Bupati Bahrain Kasuba dan Wakil Bupati Iswan Hasjim, baik tingkat Nasional maupun Internasional.

Beberapa waktu lalu tepatnya pada tanggal (11/04/18), di Hotel Bella Grand Dafam Ternate, Halsel kembali meraih juara 1 sebagai Kabupaten terbaik dalam Laporan Perencanaan Pembangunan Daerah (LPPD) di Provinsi Maluku Utara setelah 4 kali berturut turut menjadi juara 1 dalam penghargaan yang sama.

Proses penilaian penghargaan perencanaan pembangunan daerah dilakukan dalam 3 tahap. Tahap pertama dilakukan penilaian terhadap semua dokumen perencanaan setiap pemerintah daerah oleh tim penilai independen dan tim penilai utama di tingkat provinsi, selanjutnya tahap kedua tim penilai mendengarkan pemaparan atas dokumen perencanaan dari tiap Daerah, dan tahap ketiga penilaian dilakukan oleh tim penilai pusat.

Pemberian penghargaan diserahkan oleh Plt. Gubernur Malut Ir.H. Natsir Thaib dalam acara pembukaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Provinsi Maluku Utara.

Dari prestasi dan penghargaan yang diterima ditingkatkan Provinsi, akhirnya Halsel masuk dalam seleksi tingkat nasional, dari 397 kabupaten/kota se Indonesia.

Selanjutnya Pemerintah Daerah Halmahera Selatan diundang oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Daerah Nasional/Kepala Bappenas untuk memberikan pemaparan pendalaman dokumen perencanaan di Bappenas yang diuji oleh tim penilai utama dan tim penilai independen.

Penilaian ini tidak hanya mempertimbangkan unsur perencanaan, namun juga pencapaian pembangunan daerah.Dari hasil penilaian tersebut akhirnya Kabupaten Halsel masuk sebagai 11 Kabupaten terbaik diurutan ke 9 dari 397 Kabupaten/Kota di Indonesia.

Dan Pada tanggal 30 April 2018 Kabupaten Halsel diundang untuk menerima Penghargaan pembangunan Daerah terbaik pada acara Musrembangnas RKP 2019 yang digelar di Hotel Grend Syahid Jakarta.

Selaku Bupati Kabupaten Halsel, Bahrain Kasuba merasa bersyukur dan berterima kasih atas apresiasi yang diberikan Bappenas kepada Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan. Ia berharap prestasi ini bisa menjadi pelecut semangat untuk melaksanakan pembangunan daerah yang lebih baik.

“Saya mempunyai tekad yang sangat kuat untuk Kabupaten Halsel akan terus meningkatkan percepatan dalam melayani publik, mengawal keamanan dan ketertiban, mengelola keuangan, serta menjaga tranparansi dan akuntabilitas perencanaan dan pelaksanaan pembangunan”, kata Bupati

Hal ini menurutnya, sangat penting sebagai salah satu indikator berjalan dengan baiknya perencanaan dan penyelenggaraan pembangunan daerah.

“Semoga Allah SWT memudahkan kita menggapai cita-cita menuju Halmahera Selatan yang lebih baik dimasa mendatang”,harap Bahrain.

Sumber: Humas

10 september

Komentar

Berita Lainnya