oleh

Tak Kantongi Surat Cuti, Bupati Halbar Dicegat Panwaslu Halteng

HALTENG, LENTERA.CO.ID – Bupati Halmahera Barat (Halbar) Danny Missy dicegat untuk tidak ikut kampanye terbatas pasangan calon (Paslon) gubernur Maluku Utara nomor urut 3 Abdul Gani Kasuba dan M. Al Yasin Ali (AGK – YA) yang dilaksanakan di Weda, pada Rabu 25 April 2018 malam.

Pencegatan oleh Panwaslu Halmahera Tengah (Halteng) ini, lantaran Bupati Danny Missy tidak mengantongi izin cuti kampanye dari Bawaslu Malut. Hal ini, dibenarkan oleh Kordinator Devisi Pengawasan dan hubungan antara lembaga (Kordiv PHL) Panwaslu Halteng, Husnul Husen saat dikonfirmasi wartawan diruang kerjanya, Kamis 26 April 2018.

“Iya, semalam kami cegat Bupati Danny Missy saat mengikuti kampanye paslon nomor urut 3, karena tidak mengantongi surat izin cuti dari Bawaslu,” ungkapnya.

Husnul juga menjelaskan, sebelum melakukan pencegatan, pihaknya berkoordinasi dengan Bawaslu Malut, ternyata Bupati Halbar belum mengantongi surat izin kampanye.

“Kami melakukan koordinasi dengan tim pemenangan provinsi Paslon AGK- YA, dan meminta Bupati Danny untuk segera meninggalkan ruang kampanye. Karena merasa tidak mengantongi izin kampanye, Bupati Halbar langsung meninggalkan ruangan,” ujarnya.

Lanjut Husnul, apa yang terjadi pada Bupati Halbar, bisa menjadi pelajaran bagi semua politisi yang lain, sehingga saat kampanye kepala daerah, wakil kepala daerah dan anggota DPRD harus mengantongi izin cuti.

Terpisah, Bupati Danny Missy saat ditemui wartawan dilokasi kampanye, Rabu kemarin, mengakui dirinya tidak mengantongi izin cuti dari Bawaslu Malut, sehingga ia mengikuti permintaan Panwaslu Halteng dan keluar dari ruang kampanye.

“Memang surat permohonan cuti sudah diajukan. Tetapi saat dikonfirmasi, ternyata surat tersebut belum sampai ke Bawaslu. Lanjutnya karena belum ada surat izin, ya, kita keluar saja jangan sampai ada sesuatu,” kata orang nomor satu Halbar ini.

Bupati Danny menambahkan, terkait dengan izin cuti, pihaknya sudah mengajukan secara kolektif sesuai dengan jadwal kampanye AGK-YA, tapi ada perubahan jadwal kampanye yang tidak dikonfirmasi kepada dirinya, jadi tidak diketahui. Sebab dia juga baru tiba dari Jakarta ke Manado dan langsung ke Halteng.

Red: Ino

Komentar

Berita Lainnya