oleh

Terkait Berita Pinjaman Rp. 150 Miliar, Sek Kominfo Halbar Minta Klarifikasi

HALBAR, LENTERA.CO.ID – Terkait dengan pemberitaan pinjaman Pemkab Halmahera Barat (Halbar) senilai Rp.150 Miliar, Muncul Dugaan Suap, Sekertaris Dinas Kominfo Kehumasan statistik dan Persandian (Diskominfo) Halbar Sahmi Salim minta diklarifikasi.

Menurutnya, berita yang disampaikan ini, sangat jauh dari nilai – nilai Kode Etik Jurnalis (KEJ), karena penulisan berita terlihat ada penafsiran sendiri dari wartawan.

“Mohon maaf saya harus kritik, berita ini sangat jauh dari nilai-nilai KEJ karena pernyataan sumber tdk menjelaskan secara utuh apakah ada penyuapan atau tidak,” ujarnya melalui grup WhatsApp, Senin 12 Maret 2018 dini hari.

Lanjutnya, apalagi ada kata dugaan dari wartawan yang menulis berita bukan dari sumber yang di wawancara.

Namun ketika ditanya terkait dengan kesalahan beritanya dimana, dirinya mengatakan, ” coba ente baca saya punya kritikan, itu yang saya maksudkan,” katanya.

BACA Pinjaman Rp.150 Miliar, Muncul Dugaan Suap

Redaksi: Kata dugaan dipakai media ini berdasarkan pertannyaan “dugaan” kepada sumber lalu sumber pun menjawab, “Ia, sempat berkembang adanya pemberian uang…”Artinya, bila mencermati keterangan sumber, secara tidak langsung sumber juga menduga, meski belum sepenuhnya percaya atas informasi pemberian uang (suap) itu. Itu sebabnya, bagi redaksi, kata dugaan atau sangkaan tidak menyalahi kode etik sedikit pun. Sebab masi menggunakan asas praduga tak bersalah.

Penulis: Reporter Halbar - CHASRUL Tampilang

Gambar Gravatar
CHASRULL, Reporter Biro HALBAR sekaligu Redaktur dan Pembimbing Omdesa.id

Komentar

Berita Lainnya