oleh

Sekwan: DPRD Halbar Harus Ingat Asal Mula Pinjaman 150 Miliar itu

HALBAR.LENTERA.CO.ID – Sekertaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (Sekwan) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) Hadija Sergi mengingatkat asal mula pinjaman sebesar Rp.150 miliar kepada BPD Malut hingga terealisasi.

Menurut Hadija, sesuai dengan persyaratan pinjaman sebagai mana yang diamanatkan dalam peraturan pemerintah (PP) nomor 30 tahun 2011, salah satunya harus mendapatkan persetujuan DPRD yang ditandatangani oleh ketiga unsur pimpinan.

“Jadi Sebagi pembantu Bupati, saya perlu meluruskan pernyataan dari salah satu Wakil Ketua DPRD Halbar, dan mengharap informasi yang disampaikan itu adalah hal yang benar bukan mengada-ngada,” demikian disampaikan Hadija kepada wartawan melalui rilise pada Sabtu 3 Maret 2018 tadi.

BACA Dewan Pertanyakan Utang Pinjaman Pemkab

Sebelum pengajuan Pinjaman tersebut, Bupati, kata Hadija, sudah menyampaikan rencana pinjaman kepada Kemendagri guna mendapatkan pertimbangan dengan lampiran salah satu persyaratan yakni Keputusan DPRD tentang persetujuan pinjaman tersebut.

“Bahkan pembahasan terkait pinjaman ke Kemendagri pada tahun 2017 lalu itu, dihadiri oleh ketiga unsur pimpinan DPRD, kemudian Pimpinan Dewan memimpin Rapat Badan Anggaran bersama Tim Anggaran. “Melakukan pembahasan dan persetujuan RAPBD menjadi APBD,” ungkapnya.

Sekwan juga berharap, sebagai penyelenggara negara, waka I DPRD Halbar Ibnu Saud Kadim harus melihat sisi positif dari pinjaman daerah yakni semata-mata untuk kepentingan masyarakat Halbar, untuk pembiayaan pembangunan daerah dan Pelaksanaan otonomi daerah. “Itu, Pemda diminta harus mampu membiayai pembelanjaana maupun pembangunan daerahnya sendiri, juga pengembangan potensi daerahnnya dan menggali sumber dana yang ada untuk mewujudkan peningktan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Dan apa yang telah dilakukan Pemkab ini, lanjut dia, harus diberikan apresiasi karena masih banyak daerah lain yang masih bergantung pada tranfer pemerintah pusat sehingga pinjaman daerah menjadi salah satu alternatif yang diambil Pemkab.

Red: chull

Penulis: Reporter Halbar - CHASRUL Tampilang

Gambar Gravatar
CHASRULL, Reporter Biro HALBAR sekaligu Redaktur dan Pembimbing Omdesa.id

Komentar

Berita Lainnya