oleh

Pembukaan Musrembang Kecamatan Jailolo, Ini Janji Bupati

HALBAR.LENTERA.CO.ID – Bupati Halmahera Barat (Halbar) Danny Missy, membuka pelaksanaan musyawarah perencanaan pembangunan (Musrembang) tingkat Kecamatan Jailolo Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) tahun 2018.

Kegiatan dilaksanakan di ruang rapat lantai II Kantor Kecamatan Jailolo, pada Selasa 20 Februari 2018 tadi dihadiri oleh Wakil Ketua II DPRD Halbar, Ibnu Suud Kadim, para asisten, Staf Ahli, para pimpinan SKPD Lingkup Pemda Halbar, Para Kades, Sekretaris Desa dan ketua BPD Se-Kecamatan Jailolo, Toko Masyarakat, LPM dan Keterwakilan Perempuan Se-kecamatan Jailolo.

Ketua panitia penyelenggara Musrembang tingkat Kecamatan Jailolo, M Rifka Munawar dalam laporannya mengatakan, tujuan dari Musrenbang Kecamatan guna meningkatkan kualitas perencanaan pembangunan yang ditetapkan berdasarkan kalangan permasalahan diberbagai bidang pembangunan. Dengan menganalisis dan menentukan program serta kegiatan yang sesuai dengan aspirasi dan kebutuhan masyarakat, sebagai bahan penyusunan anggaran pendapatan dan belanja desa. Serta menetapkan prioritas kegiatan pembangunan di mata melalui forum desa, sebagai rancangan bahan penyusunan rancangan anggaran satuan dan dokumen anggaran satuan kerja kabupaten.

Sementara Bupati Danny dalam sambutannya, sekaligus membuka secara resmi kegiatan tersebut, mengatakan, kegiatan Musrenbang kali ini harus mengacu pada Musrembang tahun lalu, dan target apa yang belum dicapai tahun lalu agar dimasukkan pada tahun ini.

“Jadi bukan setiap tahun ada program yang diusulkan, tetapi dilanjutkan program yang ada, sehinga program tersebut bisa kita sinkronkan dari tingkat desa, kecamatan sampai ke Kabupaten dan dari kabupaten bisa singkronkan di tingkat provinsi dan nasional,” tuturnya. 

Pada kesempatan tersebut, Danny juga menjelaskan keterbatasan anggaran DAU ditahun 2017 – 2018 sementara hutang bawaan sejak 2016 lalu sebesar Rp. 128 miliar sehingga dirinya harus berupaya mendapatkan bantuan dana dari Pusat guna menjalankan program pembangunan di daerah ini dengan baik “Sebab, kita tidak bisa hanya berharap di anggaran DAU dengan beban utang sebesar Rp. 128 Milar, bahkan saya dan DPRD sudah mencoba untuk mengurangi utang tersebut tetapi itu masih sulit terealisasi,” aku Danny.

Untuk itu, kata Danny, pihaknya mencoba untuk mendatangkan dana dari DAK maupun APBN ke daerah ini, semata-mata membuang negeri ini.

“Sedangkan masuk pada tahun 2018 ini, hutang yang terbawa menurun drastis hingga mencapai kurang lebih Rp. 34 miliar, dan pada tahun depan bisa turun lagi hingga berkisar Rp 12 miliar,” ucap Danny.

Orang nomor satu Halbar, juga menjanjikan, pada tahun 2018 ini, kota Jailolo akan dilakukan peningkatan Jalan aspal (Pelebaran jalan) sepanjang kurang lebih 5 kilometer, dimulai dari depan pelabuhan Jailolo Desa Guaemaadu sampai ke Desa Galala dan di Desa Bukumatiti, serta dilakukan pembangunan drainase terpadu untuk kota Jailolo,” janji Bupati.

Usai sambutan Bupati, kegiatan dilanjutkan dengan paparan materi yang diberikan langsung oleh BP3D Halbar.

Red: chull

Penulis: Reporter Halbar - CHASRUL Tampilang

Gambar Gravatar
CHASRULL, Reporter Biro HALBAR sekaligu Redaktur dan Pembimbing Omdesa.id

Komentar